Unesa Beri Beasiswa Gratis Untuk Atlet Paralimpiade Tokyo 2021

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 22:00 WIB
unesa
Atraksi karate di Unesa (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-38, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengapresiasi para atlet Paralimpiade Tokyo 2021. Para atlet tersebut diberikan beasiswa pendidikan gratis di Unesa.

Rektor Unesa Prof Nurhasan sudah membahas beasiswa pendidikan gratis untuk atlet Paralimpiade Tokyo 2021 bersama Kadispora Jatim dan Kemenpora RI beberapa waktu lalu. Beasiswa tersebut tidak hanya untuk yang pulang membawa medali, tetapi untuk seluruh atlet yang berjuang di ajang olahraga dunia yang bergengsi itu.

"Pendidikan gratis tersebut adalah upaya Unesa memberikan apresiasi untuk para atlet disabilitas. Selain itu, sebagai wujud komitmen Unesa sebagai kampus ramah disabilitas dalam mendorong dan meningkatkan prestasi olahraga disabilitas, pada khususnya dan olahraga Indonesia pada umumnya," kata Nurhasan di Unesa Kampus Lidah Wetan, Kamis (9/9/2021).

Sebelumnya, Unesa menggelar upacara secara hibrid Atlet National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Jawa Timur dan diikuti oleh keluarga Unesa. Saat upacara pun dimeriahkan dengan atraksi para atlet cabang olahraga karate dan penampilan atlet NPCI Puslatda Jawa Timur cabang olahraga Gulat Judo Netra.

"Haornas bukan peringatan biasa. Namun menjadi tonggak dalam menghayati dan menjiwai olahraga sebagai bagian penting dalam program pembangunan nasional. Setiap rangkaiannya berarti dalam meningkatkan inovasi dan prestasi olahraga Indonesia ke depannya," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Bambang Yulianto.

Bambang mengatakan di luar negeri, kibaran bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia hanya bisa disaksikan dan didengar ketika ada kunjungan presiden di luar negeri, dan ketika anak bangsa menorehkan prestasi di tingkat dunia. Karena itu, Haornas dan rangkaian peringatannya benar-benar bisa dihayati dan jadi motivasi dalam mengukir prestasi.

"Haornas ini juga, FIO harus terus meningkatkan perannya dan strategi dalam mendorong kemajuan dunia olahraga Indonesia," ujarnya.

Sementara Dekan Fakultas Ilmu Olahraga Dr Setiyo Hartoto menyampaikan Unesa sebagai perguruan tinggi yang terlibat dalam dunia olahraga nasional akan terus melakukan banyak cara untuk mendukung kemajuan olahraga Indonesia. Menurutnya, untuk sampai ke sana, harus dengan kerja sama seluruh stakeholder olahraga.

"Karena itu kami di FIO terus memperluas jangkauan kolaborasi dengan seluruh pihak, termasuk NPCI dan federasi olahraga," kata Setiyo.

NPCI Jatim sejauh ini juga sudah berlatih di Unesa untuk persiapan kejuaraan olahraga nasional maupun internasional ke depannya. "Unesa sebagai pusat pengembangan Sport Science semoga membuat NPCI Puslatda Jatim bisa berlatih dengan baik di UNESA dan bisa meraih hasil yang diharapkan," pungkasnya.

(iwd/iwd)