Ditemukan Sambungan Listrik Rawan Picu Kebakaran Saat Razia di Lapas Sidoarjo

Suparno - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 22:59 WIB
lapas sidoarjo
Hasil razia Lapas Sidoarjo (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Kebakaran di Lapas Klas I Tangerang yang menewaskan 41 orang menjadi evaluasi tersendiri bagi Lapas Klas II A Sidoarjo. Untuk deteksi dini, pihak lapas melakukan razia di blok-blok hunian para napi.

Dalam razia tersebut petugas Lapas menemukan puluhan sambungan kabel yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Ditemukan juga beberapa korek api, belasan sendok makan, kipas angin, dan satu buah pisau kecil yang terbuat dari sendok.

Kalapas Kelas IIA Sidoarjo Teguh Pamudji mengatakan dengan adanya kejadian di Lapas Tangerang, maka pihaknya melakukan deteksi dini agar tidak terjadi kebakaran seperti di Lapas tersebut.

"Malam ini kami melakukan razia ke blok-blok hunian, guna deteksi dini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Teguh kepada wartawan di Lapas Sidoarjo, Rabu (8/9/2021).

Teguh menjelaskan sebenarnya kegiatan razia ini rutin dilakukan setiap minggunya yang dilakukan dua kali. Langkah-langkah tersebut sebagai antisipatif kejadian yang tidak di inginkan. Dari hasil razia tersebut ditemukan belasan kabel sambung listrik, yang dinilai sangat membahayakan.

"Temuan belasan sambungan kabel listrik itu kami sita karena potensi terjadinya korsleting listrik. Instalasi listrik di Lapas Sidoarjo ini belum pernah dilakukan revisi instalasinya," jelas Teguh.

Teguh menambahkan sambungan listrik itu didapat oleh napi dari sambungan listrik lama yang sudah tidak terpakai. Namun oleh napi, sambungan listrik lama itu dimanfaatkan menjadi sambungan kabel baru. Hal itu membahayakan karena bisa memicu korsleting dan mengakibatkan kebakaran.

Lapas Sidoarjo sendiri mempunyai tiga blok yakni blok A, B, dan blok wanita dengan jumlah 1.157 napi. Padahal kapasitas lapas hanya 338 napi. Dengan kondisi seperti ini Lapas Sidoarjo Secara rutin dua kali dalam seminggu menggelar razia.

"Selain menggelar razia petugas lapas setiap hari mengecek instalasi listrik di blok-blok hunian. Sampai saat ini kondisi Lapas Kelas IIA Sidoarjo relatif kondusif," tandas Teguh. (iwd/iwd)