Vaksinasi COVID-19 di Banyuwangi Sasar Pesantren dan Rumah Ibadah

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 13:38 WIB
Polisi Banyuwangi menggelar vaksinasi serentak bagi pesantren dan rumah ibadah. Ini merupakan sinergi Polri dan Staf Khusus Presiden RI, Aminuddin Maruf.
Vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Manba'ul Ulum/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Polisi Banyuwangi menggelar vaksinasi COVID-19 serentak bagi pesantren dan rumah ibadah. Ini merupakan sinergi Polri dan Staf Khusus Presiden RI, Aminuddin Ma'ruf.

Tak hanya vaksinasi COVID-19, dalam kegiatan ini juga dibagikan ribuan bingkisan bantuan sosial (Bansos) bagi yang terdampak pandemi COVID-19. Kegiatan digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Manba'ul Ulum Muncar, Banyuwangi, Selasa (7/9/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Pamatwil Banyuwangi Dirpamobvit Polda Jatim Kombes pol Priyo sukoco. Sementara Staf Khusus Presiden RI Aminuddin Ma'ruf mengikuti kegiatan secara virtual.

AKBP Nasrun mengatakan, Ponpes Manba'ul Ulum merupakan salah satu gerai vaksinasi dari 4 lokasi yang telah ditetapkan di Kabupaten Banyuwangi. Ada pun vaksin yang dipergunakan untuk vaksinasi kali ini adalah Sinovac dengan target 1.000 dosis. Vaksinasi di lingkungan pondok pesantren sebagai upaya memutus mata rantai COVID-19.

"Alhamdulillah masyarakat tertib, tidak ada terjadi kerumunan, karena kita setting sedemikian rupa dengan segala perangkat yang ada. Jadi, kita konsen mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujar Nasrun kepada wartawan.

Nasrun menambahkan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan vaksinasi dan Baksos bagi masyarakat yang terdampak COVID-19. "Nah salah satu pelaksanaannya adalah dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. Mulai tokoh agama, pelajar dan mahasiswa. Maka ini satu kegiatan yang sangat bagus dari Ponpes Mamba'ul Ulum yang bekerja dengan kami melaksanakan vaksinasi ini," ujarnya.

Bupati Ipuk menyambut baik kegiatan vaksinasi di pesantren dan rumah ibadah yang digelar oleh TNI/Polri dan Staf Khusus Presiden RI. Ini menjadi salah satu bagian untuk menuntaskan kegiatan vaksinasi di seluruh kalangan, termasuk di Ponpes dan tempat ibadah.

"Alhamdulillah, semua bergerak untuk menuntaskan vaksinasi di seluruh kalangan. Semoga dengan gerakan vaksinasi serentak di pesantren dan rumah ibadah ini bisa menghindarkan transmisi virus corona di masyarakat," tambahnya.