Banyuwangi Lakukan Vaksinasi 14 Ribu Orang Tiap Hari

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 18:40 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas
Foto: Ardian Fanani
Ipuk mengatakan kerja sama yang terjalin selama ini harus terus ditingkatkan karena cakupan vaksinasi di Banyuwangi masih belum selesai.

"Per 5 September, 588.100 warga yang telah divaksin dosis 1, atau setara 43,88 persen dari target 1,3 juta warga. Vaksin 2 juga terus kami lakukan," kata Ipuk.

Ditambahkan oleh Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto. Percepatan vaksinasi COVID-19 di Banyuwangi juga dilakukan oleh TNI-Polri. Kegiatan dilakukan door to door ke beberapa lokasi.

"Tentu kegiatan vaksinasi yang dilakukan TNI-Polri juga membantu target herd immunity di Banyuwangi. Terus kita gas hingga saat ini," tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono menjelaskan, saat ini pelaksanaan vaksin berlangsung relatif cepat.

"Karena dibantu tim relawan, pelaksanaan vaksinasi lebih cepat. Selain mempercepat pelaksanaan, adanya tim relawan ini sangat membantu kerja tenaga kesehatan, karena tidak mengganggu jadwal vaksinasi yang telah ditetapkan puskemas sebelumnya. Jadi, jadwal vaskin di luar puskemas bisa di-handle oleh tim relawan," kata Rio, sapaan akrabnya.

Tim relawan nakes ini sifatnya mobile. Sewaktu-waktu Puskesmas atau rumah sakit membutuhkan tenaga, tim relawan akan diberangkatkan. Tim relawan akan bergerak sesuai penugasan. "Kita siapkan home base-nya. Hari itu ada penugasan, serentak tim relawan berangkat, baik untuk testing, tracing, maupun vaksinasi," ujarnya.


(fat/fat)