Surabaya Terapkan PPKM Level 2, Bioskop Boleh Buka Lagi?

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 15:44 WIB
Kebijakan wajib vaksin bagi pengunjung mal menyebabkan recovery ekonomi di pusat belanja berjalan lambat. Seperti yang disampaikan Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim, Sutandi Purnomosidi.
Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim, Sutandi Purnomosidi/Foto file: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

Berdasarkan assessment Kemenkes RI, Kota Surabaya masuk kategori PPKM level 2. Lalu apakah rekreasi hiburan umum (RHU) seperti bioskop sudah diperbolehkan buka?

"Seharusnya begitu (boleh buka). Namun, pihak mal masih menunggu aturannya dari pusat. Sejauh ini juga belum ada komunikasi dari pihak pemilik bioskop juga," ujar Sutandi Purnomosidi, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim kepada detikcom, Senin (6/9/2021).

Sutandi menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya terkait rencana pembukaan RHU. Namun, segala kebijakan tetap diatur pemerintah pusat.

"Kalau secara protokol kesehatan, saya kira sudah siap semua ya. Sebelum PPKM Darurat, bioskop kan juga sudah sempat buka, tempat hiburan malam juga sudah buka. Tinggal sekarang, membuka lagi, dengan persyaratan apa, kami siap," terangnya.

Dirinya berharap, pemerintah segera memberi izin, agar RHU bisa beroperasi kembali. Hal ini bisa membantu mendongkrak perekonomian.

Sejauh ini, okupansi pengunjung di mal masih di bawah 50 persen dibanding saat normal. Sementara batasan jumlah pengunjung di mal khususnya di Kota Surabaya ialah 50 persen.

APPBI Jatim menyebut, salah satu penyebab okupansi pengunjung mal masih belum memenuhi target, ialah persyaratan vaksinasi bagi pengunjung. Selain itu, larangan anak-anak masuk mal juga berpengaruh terhadap jumlah pengunjung.

Lihat juga video '5 Provinsi Ini Masih Menerapkan PPKM Level 4, Sisanya Level 2-3':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)