Buaya 2 Meter di Selokan Puskesmas Gegerkan Warga Tuban Usai Divaksin

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 23:14 WIB
Buaya sepanjang 2 meter membuat geger warga di Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Tuban. Buaya itu bersembunyi di selokan halaman Puskesmas Ponco.
Buaya di selokan Puskesmas Ponco/Foto: Istimewa
Tuban - Buaya sepanjang 2 meter membuat geger warga di Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Tuban. Buaya itu bersembunyi di selokan halaman Puskesmas Ponco.

Warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 kaget bukan main. Beberapa warga akhirnya menangkap reptil berbahaya tersebut, sekitar pukul 15.00 WIB. Bagian mulutnya diikat.

"Sempat ramai ya tadi, pas banyak orang habis ikut vaksin di Puskesmas. Tapi buaya sudah ditangkap tadi oleh beberapa orang dengan diikat," kata salah seorang warga, Bagio di lokasi kejadian, Selasa (31/8/2021).

Warga lalu menyampaikan soal buaya itu ke Pemdes, dan dilanjutkan ke Polsek setempat serta Satpol PP. Hasil penyelidikan, diketahui bahwa buaya sepanjang dua meter itu milik Haikal Raditiya (15). Ia warga Dusun Bedrek, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan.

Kapolsek Parengan Iptu Gunadi menyampaikan, buaya itu sudah lepas selama sepekan terakhir. Haikal sudah sering diingatkan oleh orang tuanya agar selalu memberi makanan secara rutin kepada buaya tersebut.

Haikal juga sempat disuruh mengontrak tempat secara khusus. Namun secara tidak sengaja buaya lepas dari kandangnya.

"Haikal sudah sering diingatkan Ekwanto (bapak dari Haikal) untuk selalu memberikan makanan hewan dan selalu mengontrol keamanannya. Buaya saat ini sudah diamankan," jelas Iptu Gunadi.

Selama sepekan lepas dari kandang, buaya itu tidak sampai memakan korban jiwa maupun luka. Pemilik buaya diketahui belum mempunyai surat konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro. (sun/bdh)