Satu Buaya yang Suka Muncul di Bengawan Solo Ditangkap Warga

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 20:41 WIB
Masih ingat dengan penampakan buaya muara di bantaran Sungai Bengawan Solo, Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Lamongan? Salah satu buaya sudah ditangkap warga.
Buaya yang ditangkap warga/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Masih ingat dengan penampakan buaya muara di bantaran Sungai Bengawan Solo, Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Lamongan? Salah satu buaya sudah ditangkap warga.

Ya, warga menangkap buaya yang menampakkan diri di bantaran Sungai Bengawan Solo. Buaya itu ditangkap warga secara tidak sengaja saat menampakkan diri. Ukuran buaya yang ditangkap warga tidak besar.

"Iya, Mas. Telah tertangkap oleh warga satu buaya kecil di Bengawan Solo di wilayah Desa Parengan," kata Camat Maduran, Harwah Yutama saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (8/7/2021).

Harwah mengatakan, penangkapan buaya tersebut sebenarnya dilakukan warga secara tidak sengaja. Ketika itu, ada beberapa warga yang tengah berada di bantaran Sungai Bengawan Solo, dan secara tiba-tiba buaya tersebut muncul ke permukaan.

"Ketika muncul itulah, salah satu warga berusaha mengusir buaya tersebut dengan melempar kerikil ke arah buaya tersebut," ujarnya.

Buaya tersebut, menurut Harwah, memang kembali masuk ke sungai namun kembali menampakkan diri ke permukaan sehingga warga menggunakan peralatan seadanya berusaha menangkap buaya tersebut. Karena tidak ada persiapan apapun, warga juga tidak menggunakan umpan apapun untuk menangkap buaya tersebut.

"Karena takut buaya akan mengamuk, warga kemudian menggunakan peralatan seadanya seperti tali tampar dan galah bambu untuk menangkap buaya tersebut," terang Harwah.

Kini, buaya berukuran sebesar manusia itu pun menjadi tontonan warga. Warga berencana untuk menyerahkan buaya tersebut ke BKSDA untuk dilestarikan dan tidak membahayakan warga. Warga juga meyakini masih ada buaya yang lebih besar lagi, di sungai terpanjang di Jawa tersebut.

"Diperkirakan masih ada buaya lagi dan ukurannya lebih besar yang masih berada di Sungai Bengawan Solo di wilayah Desa Parengan tersebut. Buaya yang sudah tertangkap akan diambil oleh pihak BKSDA Jatim," paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu (9/6/2021) Warga Desa Parengan, Kecamatan Maduran dihebohkan oleh penampakan buaya di bantaran Sungai Bengawan Solo. Kemunculan buaya yang sedang berjemur di bibir Bengawan Solo sempat diabadikan oleh salah satu warga dan diunggah ke media sosial. BKSDA Jatim juga telah memasang setidaknya 4 papan peringatan di sekitar lokasi penampakan buaya tersebut, agar tidak ada warga yang mendekat.

Lihat juga video 'Kerap Mangsa Ternak Warga, Buaya Muara di Jambi Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)