Persebaya Data dan Akan Simpan Barang Bersejarah di Wisma

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 18:26 WIB
wisma persebaya karanggayam
Wisma Persebaya di Karanggayam (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Wisma Persebaya di Karanggayam kondisinya miris tak terawat. Padahal di dalamnya banyak benda-benda kenangan seperti piala-piala kemenangan dan jersey Eri Irianto.

Pihak Persebaya pun melakukan pertemuan dengan suporter Bonek dan Dispora Surabaya di Mess Karanggayam. Pertemuan dilakukan untuk memastikan barang-barang bersejarah tersebut aman.

"Pertemuan tadi pada prinsipnya hanya teman-teman suporter Bonek ingin memastikan bahwa semua jejak sejarah Persebaya yang menjadi buah bibir dan sebagainya itu aman dan di tempat yang benar. Dan itu sudah, semuanya sudah diamankan di Stadion Tambaksari, sedang ditata ulang, kemudian akan diambil oleh Persebaya," kata Fans koordinator Persebaya, Sidik Alex Tualeka saat dihubungi detikcom, Jumat (27/8/2021).

Saat ditanya apakah ada barang-barang penting dan bersejarah yang hilang, Alex mengatakan masih didata. Jika memang ternyata tidak ada yang hilang, hal itu karena semua benda-benda itu ada di dalam lemari dan masih terkunci.

wisma persebaya karanggayamWisma Persebaya (Foto: Esti Widiyana)

"Yang rusak hanya jendela, beberapa baju pemain hilang. Tapi kalau sejarah Persebaya insyaallah gak ada (yang hilang). Ini masih proses pendataan, kemudian nanti ada yang tercecer atau endak kita tunggu hasil pendataan," jelas Alex.

Meski masih didata, Alex meyakini tidak ada benda-benda kenangan dan bersejarah yang hilang. Jika memang ada yang hilang, Alex yakin bukan warga Surabaya yang melakukan hal tersebut.

"Memang masih didata. Tapi kami yakin tidak ada yang hilang. Kalau hilang, nggak mungkin orang Surabaya menjarah sejarah Persebaya, pasti dia akan kembalikan," ujarnya.

Lihat juga video 'Warga Tulungagung Temukan Sumur Kuno Diduga Era Majapahit':

[Gambas:Video 20detik]