ESDA Sumenep Ambil Sampel dari Sumur Bor Warga yang Keluarkan Gas

Ahmad Rahman - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 16:40 WIB
Warga Desa Mandala, Kecamatan Rubaru membuat sumur bor sebagai sumber air bersih. Namun malah mengeluarkan gas dan ketika disulut langsung menyala.
Lokasi sumur bor yang mengeluarkan gas dan menyala/Foto file: Ahmad Rahman/detikcom
Sumenep -

Sumur bor warga Desa Mandala, Kecamatan Rubaru mengeluarkan gas dan kini menyala. Bagian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDA) Pemkab Sumenep sudah mengambil sampel dari sumur bor tersebut.

Kasubbag ESDA Sumenep, Hendra mengatakan, pihaknya mengambil sampel berupa air sumur yang bercampur bau seperti gas atau solar pada Rabu (25/8). Sampel tersebut sudah dikirim ke ESDA Provinsi Jawa Timur dan pusat.

"Kita kemarin sudah ambil sampel untuk dikirim ke provinsi dan pusat, untuk ditinjau ulang. ESDA sementara meminta warga untuk tidak mendekati lokasi terjadinya semburan itu agar tidak membahayakan," kata Hendra, Kamis (26/8/2021).

Dugaan sementara, sumur bor itu mengeluarkan gas karena di dalam perut bumi ada rongga. Ketika ada tekanan dari atas atau dibor, biasanya akan mengeluarkan bau seperti gas.

"Seperti kejadian yang kemarin-kemarin di Manding dan di Batang-batang. Bahwa di dalam perut bumi biasanya ada rongga. Itu akhirnya ada tekanan dari atas dibor akhirnya keluar. Ini kan diteliti dulu bagaimana potensinya apakah berpotensi menjadi sumber minyak atau lain dan sebagainya. Ini kan pihak geologi atau provinsi nanti yang menangani," terang Hendra.