Gencarkan PeduliLindungi, Polisi Gelar Vaksinasi di Terminal Bungurasih

Suparno - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 15:17 WIB
vaksinasi polresta sidoarjo
Kapolresta Sidoarjo mengecek vaksinasi di Terminal Bungurasih (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Polisi menggelar vaksinasi massal di Terminal Purabaya (Bungurasih). Vaksinasi massal itu sekaligus menggencarkan sosialisasi aplikasi PeduliLindungi.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro didampingi Waka Polresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana mengecek pelaksanaan Vaksinasi Mobile Merdeka Semeru Polresta Sidoarjo dan sosialisasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi kepada kru serta calon penumpang bus.

Melalui aplikasi PeduliLindungi yang terinstall di telepon selular, masyarakat yang belum atau sudah divaksin akan dapat diketahui datanya. Upaya ini juga sebagai memasifkan program pemerintah dalam percepatan vaksinasi, guna terbentuknya kekebalan komunal di tengah masa pandemi.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan vaksinasi ini digelar untuk mempercepat terbentuknya herd immunity bagi masyarakat, serta mencegah penyebaran COVID-19, khususnya bagi warga yang bepergian menggunakan sarana transportasi umum.

"Kali ini kami layani 200 dosis vaksinasi mobile bagi kru dan penumpang bus di Terminal Purabaya, Bungurasih," ujar Kusumo di Terminal Bungurasih , Rabu (26/8/2021).

Selain itu, kata Kusumo, guna mengecek kru maupun penumpang bus sudah divaksin COVID-19 atau belum, dapat diketahui melalui aplikasi Peduli Lindungi.

"Setelah dicek melalui aplikasi PeduliLindungi yang terinstall di telepon selular, bila ada masyarakat yang belum divaksin COVID-19, maka kami layani vaksinasi di Gerai Vaksin Mobile Merdeka Semeru Polresta Sidoarjo," kata Kusumo

Kusumo berharap aplikasi PeduliLindungi dapat digunakan di berbagai tempat maupun fasilitas umum. Sehingga dapat di-screening masyarakat yang sudah dan belum divaksin.

Adanya layanan vaksinasi mobile di Terminal Bungurasih mengundang antusias kru dan penumpang bus. Seperti diakui Al Basori, Warga Waru yang akan bepergian ke Mojokerto. Sebelum naik ke bus, ia senang kebetulan ada ajakan vaksin COVID-19 dari Polresta Sidoarjo.

"Terima kasih sudah disuntik vaksin. Tidak terasa sakit suntikannya. Bagus sekali ada program vaksinasi COVID-19 bagi penumpang bus, semoga kita semua terhindar dari Virus Corona," kata Basori.

Semenjak itu Rudi Mulyanto (29) salah satu kru bus jurusan Surabaya ke Blitar mengaku senang karena dirinya belum mendapatkan vaksin. "Alhamdulillah di Terminal Bungurasih ada kegiatan vaksinasi. Kita bersama kru yang lain langsung ikut saja. Apalagi prosesnya juga gampang dan cepat," kata Rudi.

(iwd/iwd)