Polisi Bagikan Sembako dan Vaksinasi ke Warga Sidoarjo di Wilayah Terpencil

Suparno - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 18:51 WIB
polresta sidoarjo
Polisi memberi bantuan dan vaksinasi ke warga Sidoarjo di wilayah terpencil (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Polisi memberikan bantuan paket sembako ke warga Sidoarjo terdampak COVID -19 yang tinggal di wilayah terpencil. Wilayah itu adalah Dusun Kali Kajang Kelurahan Gebang Kecamatan Kota Sidoarjo.

Penerima bantuan paket sembako ini merupakan masyarakat yang belum tercover bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. Lokasi Dusun Kali Kajang masih masuk wilayah Kelurahan Gebang, Kecamatan Kota Sidoarjo.

Namun lokasi desa ini sangat terpencil. Desa ini tidak memiliki akses jalan yang memadai dan hanya bisa ditempuh dengan roda dua, itupun ketika musim kemarau. Bila musim hujan, akses ke desa hanya bisa mengandalkan tranportasi air. Di Dusun tersebut terdapat 115 rumah terdiri dari 120 kepala keluarga dan 400 jiwa.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan Desa Kali Kajang merupakan salah satu wilayah terpencil di Sidoarjo. Sehingga masyarakat sekitar yang terdampak COVID-19 wajib mendapatkan bantuan.

polresta sidoarjoPerjalanan hanya bisa ditempuh dengan motor (Foto: Suparno)

"Hari ini kami memberikan paket sembako ke masyarakat terdampak COVID-19 di wilayah terpencil. Ke Desa Kali Kajang kami bersama rombongan menggunakan motor trail," kata Kusumo di Desa Kali Kajang, Sabtu (14/8/2021).

Kusumo menjelaskan selain memberikan paket sembako, pihaknya juga membagikan Bendera Merah Putih. Tujuannya untuk membangkitkan rasa nasionalisme ke masyarakat yang lokasinya yang sangat terpencil ini.

"Kami mengapresiasi masyarakat Dusun Kali Kajanng, meski wilayahnya jauh dari pusat keramaian kota. Tapi rasa nasionalismenya sangat tinggi, terbukti semua masyarakat memasang Bendera Merah Putih," jelas Kusumo.

"Selain membagikan paket sembako, juga memberikan 75 dosis vaksinasi kepada masyarakat guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di dusun ini. Selama PPKM level 4 kami terus akan memberikan paket sembako ke masyarakat yang terdampak. Rencananya kami akan membagikan ke wilayah terpencil yang lain," tandas Kusumo.

Sementara itu Kasmino (47) warga Desa Kali Kajang mengaku sangat senang dengan pemberian sembako ini. Selama ini masyarakat Kali Kajang jarang mendapat bantuan sembako.

"Kami jarang mendapatkan bantuan sembako, mungkin kampung kami ini tidak memiliki akses jalan yang memadai. Kami berharap akses jalan ke kampung ini dipaving untuk memudahkan aktifitas masyarakat," kata Kasmino.

Hal senada disampaikan oleh, Erina (23) yang mengatakan bahwa Dusun Kali Kajang jarang tersentuh bansos baik itu dari Pemerintah maupun pihak lain. Dan baru kali ini ada bantuan selama PPKM.

"Selain itu vaksinasi juga baru dilakukan kali ini, di Dusun Kali Kajang ada ratusan warga yang belum divaksin," tandas Erina.

(iwd/iwd)