Bus Listrik Ramah Lingkungan Akan Hadir di Surabaya Tahun Depan

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 13:31 WIB
Kadishub Surabaha, Irvan Wahyudrajad
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Tahun depan Kota Surabaya akan memiliki bus listrik. Ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dalam pengadaan bus listrik dengan skema buy the service di Bandung dan Surabaya.

Di Surabaya terdapat dua koridor bus. Di mana pada satu koridor bus jaraknya sekitar 40 km dan dibutuhkan 20 bus listrik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, saat ini masih proses lelang pengadaan bus listrik. Sehingga rencana dioperasikan pada tahun 2022.

"Tahun depan insyaallah ada bus listrik 2 rute, sekarang pada proses lelang. Diharapkan tahun depan beroperasi untuk teman bus atau program dari Kemenhub," kata Irvan kepada wartawan, Selasa (24/8/2021).

Untuk rute atau koridor pengisian bus listrik ada dua di Surabaya. Yakni Tanjung Perak dan Universitas Airlangga (Unair) kampus C.

"Ada 2 rute. Purabaya yang jelas pengisiannya di Purabaya Tanjung Perak dan Purabaya Unair kampus C," ujarnya.

Irvan mengatakan, sebenarnya terjadi kemunduran jadwal. Sebab, berdasarkan apa yang disampaikan Kemenhub akan beroperasi tahun ini. Tetapi mundur menjadi tahun depan.

"Lelang tahun ini, operasional tahun depan. Model busnya sama juga disel. Tapi yang listrik tahun depan, ada pengunduran penjadwalan," jelasnya.

Untuk pengelolaan bus listrik di Surabaya, nantinya akan dikelola oleh Kemenhub. Karena merupakan dari program buy the service.

"Kalau buy the service ada Kemenhub, semacam subsidi untuk tarif," pungkasnya.

Diketahui, Kemenhub juga mendorong penggunaan bus listrik di bandara. Kemenhub merencanakan pengadaan bus listrik di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Secara bertahap akan disiapkan regulasi mengenai kendaraan listrik ini.

(sun/bdh)