Ibu Ryan Jombang Ingin Temui Putranya yang Dianiaya Habib Bahar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 12:38 WIB
Masalah utang Rp 10 juta diduga memicu Habib Bahar bin Smith tega melayangkan bogem mentah ke wajah Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang. Ibu Ryan, Kasiatun (68) menyebut putranya mempunyai penghasilan dari berbisnis katering di dalam penjara.
Ibu Ryan Jombang, Kasiatun (68) saat wawancara dengan wartawan di rumahnya/Foto file: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jombang -

Ibu Ryan Jombang, Kasiatun (68) ingin membesuk putranya di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Ia ingin mengetahui kondisi Ryan pascamengalami penganiayaan yang diduga dilakukan Habib Bahar bin Smith.

Pandemi COVID-19 tak menyurutkan niat Kasiatun untuk membesuk Ryan di Lapas Gunung Sindur. Perempuan asal Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Jombang ini ingin melihat langsung keadaan Ryan.

"Ibunya ingin mengetahui keadaan Ryan setelah kasus penganiayaan itu," kata Kerabat Ryan, Luluk Setyawati (43) kepada detikcom, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, lanjut Luluk, Kasiatun juga ingin melepas rindu dengan Ryan Jombang. Karena Kasiatun sudah satu tahun lebih tidak bisa membesuk putra bungsunya tersebut.

Pandemi COVID-19 dan belum adanya biaya menjadi penyebabnya. Pemilik nama Very Idham Henyansyah itu terakhir kali dibesuk ibunya pada Januari 2020.

"Ibunya sudah sangat kangen dengan Ryan," terangnya.

Hanya saja, Luluk belum bisa memastikan kapan Kasiatun akan berangkat ke Lapas Gunung Sindur, Bogor. Ia sempat diajak Kasiatun membesuk Ryan Jombang. Namun, ia tidak bisa ikut karena belum disuntik vaksin COVID-19 dosis kedua.

"Ibu Ryan rencana berangkat awal bulan September nanti," tandasnya.

Sebelumnya, Pengacara Ryan Jombang Kasman Sangaji mengatakan kliennya ditinju Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Menurut Kasman, dugaan penganiayaan yang menimpa Ryan itu dipicu masalah uang. Habib Bahar disebut kerap meminjam uang kepada Ryan hingga totalnya mencapai Rp 10 juta.

Di lain sisi, beredar surat pernyataan Ryan terkait perdamaian dengan Habib Bahar. Ryan mengaku tidak pernah memberi utang ke Habib Bahar Rp 10 juta. Penganiayaan dirinya justru dipicu ulahnya sendiri yang nekat mencuri uang Habib Bahar.

Simak Video: Adu Opini Kubu Habib Bahar Vs Ryan Jombang soal Pemukulan

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)