Pengacara Ryan Jombang Minta Habib Bahar Disanksi Juga Minta Maaf

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 13:50 WIB
Ditjenpas Kemenkumham membagikan foto bukti Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith sudah berdamai
Foto: dok. Humas Ditjenpas Kemenkumham
Bandung -

Kuasa hukum Ryan Jombang, Kasman Sangaji meminta agar habib Bahar bin Smith mendapatkan sanksi internal imbas pemukulan terhadap Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang.

"Kami kan dari awal, kita hanya minta itu gentleman terlepas dari Ryan itu punya kesalahan atau tidak ya, saya bilang Ryan itu mencuri atau apalah tapi tindakan-tindakan itu tidak dibenarkan. Kami itu minta dia mendapatkan sanksi internal di dalam," ujar Kasman saat dikonfirmasi, Sabtu (21/8/2021).

Selain meminta agar Bahar diberikan sanksi, pihaknya juga meminta agar Bahar meminta maaf kepada Ryan. Terlebih penyampaian maaf itu diharapkan bisa sampai ke keluarga Ryan.

"Menyampaikan permintaan maaf. Ya bisa tertulis atau lewat video atau apalah yang bisa keluarga dapatkan. Karena memang pihak keluarga yang telapon kita juga untuk bisa ambil langkah-langkah hukum," tuturnya.

Menurut Kasman, keluarga Ryan sudah mengetahui insiden yang dialami kliennya itu. Kasman mengatakan keluarga kaget dan tak menyangka Ryan mengalami peristiwa nahas itu.

"Mereka kaget saja, kok Ryan digitukan. Kalau hanya masalah itu kenapa harus digitukan. Makanya saya katakan, apapun kesalahan Ryan, tidak dibenarkan melakukan pemukulan seperti itu," katanya.

Soal jadi atau tidaknya laporkan kasus ini ke polisi, Kasman mengaku masih diskusi dengan kliennya, Ryan.

Seperti diketahui, Ryan Jombang dijotos habib Bahar di dalam Lapas Gunung Sindur. Aksi jotos itu dilakukan karena masalah uang.

Pihak Lapas Gunung Sindur memastikan kasus tersebut sudah diselesaikan secara internal. Bahkan, Ditjen PAS memberikan foto kebersamaan Ryan dan Bahar sebagai bukti perdamaian.

Simak video 'Ibu Ryan Jombang Minta Penganiaya Putranya Diproses Hukum':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/ern)