Polisi Hutan Temukan Petunjuk Pendaki yang Viral Panjat Tugu Puncak Lawu

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 18:07 WIB
viral pemuda panjat hargo dumilah
Pendaki yang viral mengibarkan bendera di tugu Hargo Dumilah puncak Lawu (Foto: Tangkapan layar)
Magetan -

Polisi Hutan (Polhut) Perhutani KPH Lawu DS menemukan petunjuk siapa pendaki yang viral memanjat tugu Hargo Dumilah puncak Gunung Lawu. Polhut bekerjasama dengan Polisi, TNI, dan komunitas Paguyuban Gunung Lawu (PGL) untuk menemukan pelaku.

"Alhamdulillah kita sedikit ada petunjuk pelaku yang viral memanjat tugu Hargo Dumilah puncak Gunung Lawu. Kita kerjasama dengan kepolisian TNI dan juga komunitas PGL," ujar Waka ADM KPH Lawu DS, Yudiono, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (23/8/2021).

Dalam pelacakan pelaku, kata Yudiono, tim melacak media sosial. Tim menemukan dokumentasi pendaki tersebut saat akan berangkat. Di medsos tersebut ada sebuah foto diduga pelaku bersama temannya saat pendakian.

"Kita melacak Instagram dan ada diduga pelaku sedang berfoto bersama temannya sebelum berangkat pendakian," kata Yudiono.

Yudiono meminta kepada pelaku untuk beritikad baik menyerahkan diri dalam waktu 24 jam terhitung sejak berita terkait viral itu terbit di media. Jika dalam waktu 24 jam belum menyerahkan diri, maka Perhutani akan melibatkan tim cyber Polda Jatim.

"Kita tunggu dalam waktu 24 jam setelah terbit di media untuk menyerahkan diri. Jika tidak, maka kita libatkan tim cyber Polda Jatim agar jadi DPO," jelas Yudiono.

Sebelumnya, viral seorang pendaki beraksi memanjat tugu puncak Gunung Lawu dan mengibarkan bendera merah putih sambil berdiri di atasnya.

Ada dua potongan video pendek berdurasi 28 detik dan 5 detik yang menunjukkan pemuda tersebut berusaha memanjat tugu dan berdiri. Pada video berdurasi 28 detik tampak pemuda dengan kaos lengan pendek dibantu memanjat tugu oleh pemuda berkaos lengan panjang warna hitam.

Sambil tertawa, kedua pemuda yang mengenakan celana panjang warga hitam ke abu-abu an itu berhasil memanjat tugu Hargo Dumilah, puncak Gunung Lawu.

Sementara video kedua yang berdurasi 5 detik, gambar tampak direkam oleh orang yang berbeda. Kali ini pemuda yang mengenakan topi dan berkaos panjang corak hijau dengan bangga menyebut bisa mengulangi memanjat tugu puncak Lawu lagi.

Pemuda dengan memakai topi tersebut sengaja mengulangi naik ke puncak Lawu. Pemuda yang berhasil memanjat tugu puncak Gunung Lawu tersebut mengibarkan bendera merah putih dengan kedua tangannya.

(iwd/iwd)