Festival Lomba Seni dan Siswa Nasional Tingkat SMK di Jatim Ditutup

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 21:36 WIB
Festival Lomba Seni dan Siswa Nasional (FLS2N) dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SMK di Provinsi Jawa Timur resmi ditutup. Dindik menargetkan Jatim juara umum nasional.
FLS2N dan KOSN tingkat SMK di Provinsi Jawa Timur resmi ditutup/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Festival Lomba Seni dan Siswa Nasional (FLS2N) dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SMK di Provinsi Jawa Timur resmi ditutup. Dindik menargetkan Jatim juara umum nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi menjelaskan, ada 8 bidang yang dilombakan untuk FLS2N. Sedangkan untuk KOSN, ada dua bidang lomba. Juara satu di masing-masing bidang lomba akan diikutsertakan dalam FLS2N dan KOSN tingkat nasional.

"Jadi hari ini adalah penutupan untuk FLS2N dan KOSN SMK tahun 2021. Alhamdulillah lomba ini dilakukan virtual. FLS2N tingkat provinsi diikuti 251 siswa SMK baik negeri juga swasta. Untuk KOSN tingkat provinsi diikuti 135 siswa SMK baik negeri, swasta se-Jatim," kata Wahid di SMK 5 Surabaya, Sabtu (21/8/2021).

"Masing-masing bidang ada juara 1, 2 dan 3. Namun, hanya pemenang juara 1 yang dikirim untuk tingkat nasional," sambungnya.

Wahid menjelaskan, FLS2N dan KOSN tingkat nasional akan mulai diselenggarakan pada akhir Bulan Agustus hingga pertengahan September 2021. Wahid menargetkan, perwakilan dari Jatim bisa mempersembahkan banyak gelar dan menjadi juara umum.

"Perwakilan Jatim tentunya akan disiapkan sebaik-baiknya. Kami minta kepala sekolah, kepala bidang untuk menyiapkan terbaik, dan harapan kami juara umum bisa diboyong Jatim tahun 2021. Tahun lalu, untuk FLS2N Jatim menjadi juara umum, sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2008," tegasnya.

Wahid membeberkan, meski di tengah pandemi COVID-19, prestasi siswa-siswi tingkat SMA/SMK/Madrasah Aliyah di Jatim terus meningkat. Contohnya, pada tahun 2020, untuk pertama kalinya, siswa-siswi SMA Jatim menjadi juara kompetisi Sains tingkat nasional.

"Alhamdulillah di tengah pandemi selama tahun 2020-2021, berbagai prestasi di dunia pendidikan bisa diraih Jatim. Terbaru, siswa SMA/SMK/MA di Jatim jadi yang terbanyak diterima di perguruan tinggi negeri, baik jalur SNMPTN SBMPTN. Bahkan ada lompatan yang besar dari tahun sebelumnya. Tentunya prestasi siswa-siswi ini harus kita pertahankan dan tingkatkan," imbuhnya.

Dalam FLS2N ada banyak bidang yang dilombakan. Yakni lomba menyanyi solo, lomba musik tradisi daerah, lomba tari tradisional, lomba cipta lagu, lomba seni lukis, lomba monolog, lomba gitar solo, serta lomba film pendek.

Sedangkan untuk KOSN, ada dua bidang lomba yakni karate dan pencak silat. Di bidang karate, terdiri dari karate KATA putra dan karate KATA putri. Untuk pencak silat, ada pencak silat jurus tunggal putra dan pencak silat jurus tunggal putri.

(sun/bdh)