Ibu Ryan Jombang Ingin Habib Bahar Diproses Hukum

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 08:19 WIB
Jombang -

Terpidana mati kasus mutilasi Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang diduga dibogem Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur, Jabar. Ibu Ryan, Kasiatun (68) tak terima putranya dianiaya sehingga meminta pelaku diproses hukum.

Kasiatun mengaku baru mengetahui penganiayaan yang dialami Ryan dari sejumlah wartawan yang datang ke rumahnya untuk wawancara. Sembari menangis, nenek 6 cucu ini menyatakan tak terima putra bungsunya itu mendapat bogem mentah yang diduga dari Habib Bahar.

"Terkait penganiayaan saya tidak terima, harus dituntut, sakit kan matanya kayak itu tadi, item gitu ya," kata Kasiatun kepada wartawan usai melihat foto Ryan pascadianiaya, di Jombang, Jumat (20/8/2021).

Ibu tiga anak warga Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Jombang ini menolak kasus penganiayaan yang menimpa Ryan diselesaikan secara damai. Kasiatun pun meminta kasus tersebut diproses hukum.

"Kalau pemukulan harus diproses hukum, kalau utang piutang tidak masalah didamaikan, biar jadi amal. Saya serahkan (proses hukum) ke Pak Kasman (pengacara Ryan Jombang) saja," terangnya.

Setelah tahu Ryan menjadi korban penganiayaan yang diduga dilakukan Habib Bahar, Kasiatun berniat berangkat ke Lapas Gunung Sindur. Selain untuk melepas kangen lantaran setahun lebih tak bertemu, ia juga ingin menemui kepala lapas tersebut.

"Saya mau maju ke kalapasnya, kok bisa sampai gitu yang di dalam. Ryan katanya baik-baik, kok begini," tambahnya.

Terlepas dari kasus penganiayaan yang dialami Ryan, Kasiatun berharap putra bungsunya itu segera dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan di Jatim. Sehingga memudahkan dirinya membesuk terpidana pembunuhan berantai itu karena lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

"Terserah anaknya (Ryan) minta di mana. Saya sudah mengirim surat permohonan agar Ryan dipindah ke Surabaya. Mungkin sekarang suratnya sudah sampai," lanjutnya.

Sebelumnya, Pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji mengatakan kliennya ditinju Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Menurut Kasman, dugaan penganiayaan yang menimpa Ryan itu dipicu masalah uang. Habib Bahar disebut kerap meminjam uang kepada Ryan Jombang hingga totalnya mencapai Rp 10 juta.

(sun/bdh)