Firasat Ibu Ryan Jombang Soal Putranya Dibogem Habib Bahar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 18:41 WIB
Jombang -

Terpidana mati kasus mutilasi Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang dibogem Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur, Jabar. Ibu Ryan, Kasiatun (68) mempunyai firasat buruk terkait putranya meski mengaku belum mengetahui kabar penganiayaan tersebut.

Kasiatun mengaku setahun lebih tidak berjumpa langsung dengan Ryan Jombang. Nenek 6 cucu ini terakhir kali membesuk Ryan di Lapas Gunung Sindur Januari tahun 2020.

Pandemi COVID-19 dan tak punya ongkos untuk pulang pergi ke Lapas Gunung Sindur, jadi penyebabnya. Selama ini, ia berkomunikasi dengan putra ketiganya itu melalui telepon dan pesan singkat.

"Saya sudah sangat kangen dengan Ryan, satu tahun lebih tak bisa ketemu. Obat kangen saya pandangi foto Ryan terbaru," kata Kasiatun kepada wartawan di rumahnya, Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jumat (20/8/2021).

Rasa rindu Kasiatun dengan Ryan kian tak terobati karena terpidana kasus pembunuhan berantai itu tidak memberi kabar 2 pekan terakhir. Padahal, Ryan biasa rutin menelepon atau mengirim SMS ke dirinya untuk meminta doa dan mengingatkan agar rajin beribadah.

"Sudah ada dua minggu Ryan tidak telepon maupun SMS. Perasaan saya sudah tidak karuan. Beberapa hari perasaan saya tidak enak, susah tidur, makan juga ga enak," ungkapnya.

Baca juga: Siapa Itu Ryan Jombang? Ini Jejaknya di Pembunuhan Berantai

Oleh sebab itu, Kasiatun menanyakan kabar Ryan ke ke pengacara putranya tersebut, Kasman Sangaji. Menurut dia, Kasman menyampaikan kabar Ryan baik-baik saja di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Ibu tiga anak ini mengaku belum menerima kabar penganiayaan putranya dari Kasman.

"Saya telepon pengacara menanyakan kabar Ryan, katanya Ryan baik-baik saja. Saya bilang mau membesuk, dilarang katanya percuma tidak boleh masuk," terangnya.

Kasiatun mengaku baru mengetahui Ryan dibogem Habib Bahar dari sejumlah media yang mewawancari dirinya sore tadi. Ia berharap luka yang diderita putra bungsunya itu lekas pulih.

"Semoga anak saya sembuh, semoga penasehat hukumnya membantu Ryan. Semoga beres semuanya, aman anak saya, biar pulih kembali," tandasnya.

Sebelumnya, pengacara Ryan Jombang Kasman Sangaji mengatakan kliennya ditinju Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur, Jawa Barat. Menurut Kasman, dugaan penganiayaan yang menimpa Ryan itu dipicu masalah uang. Habib Bahar disebut kerap meminjam uang kepada Ryan Jombang hingga totalnya mencapai Rp 10 juta.

(fat/fat)