Pembunuhan Wanita dengan Sadis di Pantai Pacitan Sudah Direncanakan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 15:39 WIB
Pengungkapan kasus pembunuhan di Pantai Patok Kowang memasuki babak baru. Penyidik memastikan pembunuhan itu tidak terjadi secara spontan.
Rekonstruksi kasus pembunuhan di Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo

Kronologi terkait kejadian berubah setelah tersangka mengganti keterangannya. Hal itu kemudian diperkuat fakta-fakta lain yang terkuak dalam reka ulang. Kasus ini, lanjut Juwair, sebagian besar mengacu pada keterangan tersangka. Sebab, tidak ada saksi yang mengetahui kejadian sebenarnya.

"Tersangka itu sudah punya niat untuk melakukan pembunuhan terhadap korban ini. Itu sudah sejak awal, sehingga mengajak ke tempat itu yang punya ide atau gagasan juga tersangka. Ini berdasarkan pengakuan lho ya," papar perwira yang sebelumnya menjabat penyidik Polda Jatim.

Sejak pertama kali melakukan pemeriksaan, lanjut Juwair, penyidik telah menyiapkan jerat hukum Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan serta Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Namun berdasarkan fakta baru yang didapati saat rekonstruksi, penyidik mendapat gambaran jelas jika pembunuhan telah direncanakan oleh tersangka.

"Tapi dengan rekonstruksi hari ini (penerapan pasal) 340 lebih kuat. Artinya pembunuhan itu sudah direncanakan," imbuhnya seraya menjelaskan ancaman hukuman penjara 20 tahun hingga seumur hidup bagi tersangka.

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat ditemukan di Pantai Patok Kowang, Pacitan, Jumat (6/8/2021). Saat ditemukan, jenazah perempuan muda tersebut berada di dasar ngarai tak jauh dari bibir pantai. Hasil olah TKP, polisi menemukan sejumlah luka di kepala korban. Korban diketahui berinisial DS, warga Kecamatan Nawangan.


(sun/bdh)