Pembunuh Wanita di Pantai Pacitan Tertangkap Setelah Sempat Kabur ke Jabar

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 13:59 WIB
Polisi tak butuh waktu lama untuk mengungkap kasus pembunuhan wanita muda di Pacitan. Pelaku diketahui berinisial IM (24), saudara tiri korban.
Jumpa pers di Mapolres Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Polisi tak butuh waktu lama untuk mengungkap kasus pembunuhan wanita muda di Pacitan. Pelaku diketahui berinisial IM (24), saudara tiri korban.

Pria yang sehari-hari kerja serabutan itu diamankan saat dalam pelarian di Subang, Jawa Barat. "Kita lihat bersama pelaku sudah kita tangkap kurang dari 24 jam sejak kejadian," terang Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono saat jumpa pers di mapolres, Jalan Ahmad Yani, Minggu (8/8/2021) siang.

Dia pun membeberkan awal mula penangkapan pelaku. Polisi, lanjut Wiwit, melacak keberadaan pelaku dengan membaca sinyal telepon seluler milik korban yang dibawanya. Pengejaran pun mengarah ke Semarang dan berlanjut ke Jawa Barat.

Saat itu juga, Polres Pacitan berkoordinasi dengan jajaran lain di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bersamaan dengan pengejaran yang dilakukan petugas, ternyata pelaku pembunuhan berinisiatif menyerahkan diri ke Polres Subang.

"Kemungkinan tersangkanya juga tergerak hatinya. Mungkin karena doa kita bersama. Dia mampir ke Polres Subang untuk menyerahkan diri dan akhirnya ditangkap di sana," tambahnya.

Saat ini tersangka sudah berada di Mapolres Pacitan untuk menjalani proses hukum. Polisi menjeratnya dengan Pasal 338 atau Pasal 240 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup.

"Sementara kita kenakan Pasal 338. Tapi tidak menutup kemungkinan (dijerat) Pasal 340 kalau terbukti perbuatan itu direncanakan," imbuhnya.

Saat konferensi pers, polisi juga menggelar sejumlah barang bukti. Di antaranya pakaian, tas hitam, dan KTP korban. Dari tersangka diamankan smartphone, BPKB, STNK dan kunci kontak motor. Disita pula dokumen pribadi atas nama tersangka, uang tunai Rp 690 ribu, dan batu yang digunakan untuk memukul korban pembunuhan.

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat ditemukan di Pantai Patok Kowang, Pacitan, Jumat (6/8/2021). Saat ditemukan, jenazah perempuan muda tersebut berada di dasar ngarai tak jauh dari bibir pantai.

Hasil olah TKP, polisi mendapati sejumlah luka di kepala korban. Kala ditemukan, jasad perempuan berinisial DS, warga Kecamatan Nawangan itu tanpa busana lengkap. Berdasarkan penyelidikan korban diduga tewas dibunuh.

(sun/bdh)