Kunjungi RS Darurat Karang Pucung, Khofifah Apresiasi Keluarga Besar Marinir

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 16:18 WIB
rs darurat karang pucung
Gubernur Khofifah mengecek kesiapan RS darurat Karang Pucung (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Rumah Sakit darurat Karang Pucung di Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya. Khofifah mengapresiasi sinergitas semua elemen di Jatim yang bersama-sama mengatasi pandemi COVID-19.

Dalam kunjungannya, Gubenur Khofifah didampingi para perwira staf serta Dansatlak Lanmar Surabaya. Gedung Karang Pucung yang terdiri dari dua lantai, dengan kapasitas 800 tempat tidur tersebut, kini sudah disiapkan bed dan peralatan lainnya untuk menunjang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi dengan gejala ringan.

"Kami melakukan kunjungan di rumah sakit darurat lapangan, yang ada di Pangkalan Korps Marinir di Jalan Opak, di sini disiapkan 800 tempat tidur," kata Khofifah usai meninjau rumah sakit darurat di Lanmar Surabaya, Rabu (18/8/2021).

Khofifah mengatakan dalam bulan Juli lalu, kasus COVID-19 melonjak. Oleh sebab itu dibutuhkan banyak antisipasi dan kerjasama seluruh elemen untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19.

rs darurat karang pucungRS darurat Karang Pucung ini mampu tampung 800 pasien (Foto: Deny Prastyo Utomo)

"Kita di pertengahan Juli kemarin tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang kita harus melakukan sangat banyak antisipasi dan sinergitas dari seluruh elemen," ungkap Khofifah.

"Kebetulan Rumah Sakit dr Ramelan di Jalan Ahmad Yani sudah memberikan layanan dengan kapasitas tempat tidur yang sangat signifikan dan sekarang sedang melakukan tambahan ICU bagi pasien COVID-19," lanjut Khofifah.

Antisipasi penambahan ruang perawatan bagi pasien COVID-19 ini, merupakan upaya kesiapsiagaan bersama dalam masa pandemi.

"Tentu kita berharap, bahwa kasus COVID-19 terus melandai. Akan terus dikendalikan, akan terus menurun. Tetapi bahwa bagian dari kesiapsiagaan kita semua. Tanggung jawab kita semua untuk memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan masyarakat," ungkap Khofifah.

Dengan didirikannya rumah sakit darurat Karang Pucung, di Lanmar Surabaya, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi yang sangat besar dalam rangka upaya pengendalian kasus COVID-19. RS darurat Karang Pucung ini rencananya akan dibuka oleh KASAL pada Jumat (20/8).

"Maka tentu Pemprov Jatim menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Korps Marinir, bagian dari dedikasinya untuk memberikan perlindungan untuk masyarakat Jatim. Di sini dapat menampung 800 tempat tidur dan di RSAL dr Ramelan tambahannya 200 tempat tidur," lanjut Khofifah.

Khofifah kembali mengucapkan apresiasi yang sangat besar kepada keluarga besar Korps Marinir Surabaya yang bersama-sama mengatasi Pandemi COVID-19 di Jatim.

"Kami menyampaikan terima kasih, seluruh ikhtiar ini, tentu kita berharap akan berseiring dengan berbagai kemudahan-kemudahan dan kelancaran di dalam pelaksanaannya nanti," tandas Khofifah. (iwd/iwd)