Pengguna Jalan di 4 Titik Nganjuk Khidmat Saat Ikuti Detik-detik Proklamasi

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 17:03 WIB
hening cipta di nganjuk
Foto: Dok. Polres Nganjuk
Nganjuk -

Ratusan pengendara lalu lintas di Nganjuk ikut hening dalam peringatan detik-detik proklamasi. Detik-detik proklamasi secara serentak pukul 10.17 WIB - 10.20 WIB di empat titik.

"Jadi ada empat titik pos Polisi di Nganjuk yang oleh anggota Satlantas dilakukan pemberhentian untuk penghormatan detik-detik proklamasi," ujar Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi Agung Pratama, saat dikonfirmasi detikcom Selasa (17/8/2021).

Pengendara dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia raya di empat titik tersebut. Sebelum dilakukan pelaksanaan penghormatan detik-detik kemerdekaan, lanjut Harvi, telah dilakukan gladi.

"Tadi sebelumnya juga kita lakukan gladi di pimpin oleh Kasat Lantas berapa kali agar bisa sempurna," tandasnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Marita Dyah Anggraini menjelaskan detik-detik proklamasi yang dilakukan di empat titik, berlangsung khidmat. Empat titik yakni traffic light depan Polres, alun-alun, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Mastrip.

"Alhamdulillah pelaksanaan di empat titik lokasi penghormatan detik-detik proklamasi berjalan lancar. Pengendara juga menyambut dengan penuh haru," jelas Marita.

Marita menambahkan selain memandu pengendara agar mengikuti penghormatan detik-detik proklamasi, polisi sebelumnya juga membagikan atribut bendera merah putih.

"Kita juga bagi-bagi atribut bendera merah putih ke pengendara. Diharapkan kegiatan ini bisa memupuk rasa nasionalisme dengan menyanyikan lagu Indonesia raya saat detik-detik proklamasi," tandasnya.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)