Kepala Puskesmas di Jombang Ini Akhirnya Dicopot Buntut Insiden Penggembokan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 21:11 WIB
puskesmas digembok
Penggantian Kepala Puskesmas Bandar Kedungmulyo (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Dr Nanik Purbawati dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Puskesmas Bandar Kedungmulyo, Jombang. Kinerjanya sempat diprotes para kepala desa hingga berujung penggembokan pintu gerbang puskesmas.

Posisi dr Nanik hari ini resmi digantikan dr Ira Yulia Dianti. Itu setelah Bupati Jombang Mundjidah Wahab melantik dr Ira sebagai Kepala Puskesmas Bandar Kedungmulyo.

"(dr Nanik) Memang sudah lama, sudah waktunya juga. Kami semua pelayan masyarakat. Jadi, harus bisa melayani masyarakat dengan baik. Kalau ada yang kurang cocok manusiawi," kata Mundjidah kepada wartawan di Pendapa Kabupaten Jombang, Jumat (13/8/2021).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan Jombang Senen menjelaskan dr Ira dipilih menjadi Kepala Puskesmas Bandar Kedungmulyo karena dinilai lebih berpengalaman. Karena menurut dia, dr Ira pernah bertugas sebagai dokter di puskesmas tersebut sehingga dinilai mampu memahami karakter masyarakat setempat.

"Bu Nanik masih di sana (Puskesmas Bandar Kedungmulyo), nanti dijadikan dokter fungsional sehingga tidak merangkap kepala puskesmas. Akan dipindah, cuma nanti tunggu," terangnya.

Penggembokan pintu gerbang Puskesmas Bandar Kedungmulyo dilakukan Kades Bandar Kedungmulyo Zainal Arifin pada Selasa (3/8) sekitar pukul 09.00 WIB. Ia mewakili para kades yang kecewa dengan kinerja Kapus tersebut, dr Nanik Purbawati.

Dr Nanik dinilai kurang bisa diajak bekerjasama menangani pandemi COVID-19. Sehingga ia menuntut Pemkab Jombang segera mengganti dr Nanik. Kapus yang baru diharapkan mampu bersinergi dengan tiga pilar desa dalam menangani pandemi Corona. Selain itu, para kades juga menuntut optimalisasi pelayanan di Puskesmas Bandar Kedungmulyo.

Insiden ini membuat Sekda Jombang Akhmad Jazuli harus turun gunung. Ia membuka pintu gerbang puskesmas hari itu juga sekitar pukul 13.00 WIB. Itu setelah ia berunding dengan para kades se-Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Simak juga 'Selain Ketersediaan Obat, Warga Keluhkan Penanganan Puskesmas Kurang Maksimal':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)