15 Warga Kesurupan, Desa Ini Bakal Gelar Ritual Keboan dengan Sederhana

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 20:20 WIB
Banyuwangi -

Warga Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi banyak yang kesurupan meminta ritual Keboan digelar. Perangkat desa bakal menggelar ritual itu dengan sederhana.

Kepala Desa Aliyan, Anton Sujarwo mengatakan, pihaknya mengumpulkan tokoh masyarakat setempat untuk rembuk tentang ritual Keboan. "Hari ini kita mengumpulkan para tokoh adat dan sesepuh masyarakat Desa Aliyan. Sesuai petunjuk dari leluhur," ungkap Anton kepada wartawan, Jumat (13/8/2021).

Dalam pertemuan tersebut, lanjutnya, dilakukan selamatan sekaligus membahas tanggal pelaksanaan ritual Keboan. Rencananya, ritual Keboan akan dilangsungkan pada Hari Minggu (15/8) secara terbatas dan sederhana.

"Rencananya Minggu. Kegiatan sederhana dan terbatas," pungkasnya.

Hari ini hanya selamatan kecil-kecilan di makam leluhur mereka. Warga melemparkan beras kuning hingga menjadi rebutan warga.

"Ini menjadi penanda agar kita tidak ada bencana dan penyakit bagi warga," ujar Holilah, warga setempat.

Seperti diketahui, hari ini banyak warga yang kesurupan meminta ritual Keboan digelar. Total ada 15 warga yang kesurupan.

Salah satunya Sali'in. Berdasarkan kesaksiannya, sebelum kesurupan ia mimpi ditemui oleh sesosok wanita tua berpakaian adat Jawa, dengan rambut digelung.

Sosok yang diyakini leluhur tersebut mendatangi alam bawah sadar pelaku ritual Keboan (termasuk Sali'in) sejak 3 hari sebelum kesurupan. Selama 3 hari itu, pelaku Keboan dipastikan tidak mampu beranjak dari tempat tidur.

"Tiga hari badan saya sangat berat, tidak bisa ke mana-mana. Cuma bisa diam saja. Dada rasanya sesak dan mata buram," jelas Sali'in.

(sun/bdh)