25 Keluarga di Jombang Dapat Bantuan Daging Ayam Busuk, Agen Wajib Mengganti

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 19:25 WIB
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Jombang belum sepenuhnya layak konsumsi. Ada 25 keluarga yang menerima daging ayam busuk.
Daging ayam busuk (Foto file: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Dinas Sosial Kabupaten Jombang menemukan 25 keluarga di Desa Sukorejo, Kecamatan Perak menerima bantuan pangan non-tunai (BPNT) berupa daging ayam busuk. Agen e-Warong sebagai penyalur bantuan dari Kemensos tersebut diwajibkan mengganti dengan daging ayam layak konsumsi.

Sekda Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli mengatakan, pihaknya menugaskan Dinas Sosial untuk mengecek langsung kasus daging ayam busuk yang disalurkan ke 25 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Sukorejo. Hasilnya, menurut dia, kasus tersebut terjadi karena kesalahan agen e-Warong Riya Pangestu di Dusun Pedes, Desa Sukorejo.

"Sudah kami tugaskan Dinas Sosial untuk mengecek ke lapangan. Ternyata memang dari sekian desa, sekian puluh ribu penerima ternyata ada e-Warong yang kealpaan, jadi dagingnya tidak dimasukkan freezer hingga busuk," kata Jazuli kepada wartawan di kantornya, Jumat (13/8/2021).

Ia menegaskan, agen e-Warong Riya Pangestu wajib mengganti daging ayam busuk yang terlanjur diterima 25 KPM di Dusun Pedes dan Dusun Tronyok, Desa Sukorejo. Meskipun para KPM terlanjur membuang daging tak layak konsumsi tersebut. Daging ayam yang diterima masing-masing KPM adalah 1 Kg.

Sekda Kabupaten Jombang Akhmad JazuliSekda Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli/ Foto: Enggran Eko Budianto

Kepala Dinsos Jombang Hari Purnomo menjelaskan, hasil pengecekan yang pihaknya lakukan, terdapat 25 keluarga di Desa Sukorejo yang menerima BPNT daging ayam busuk. Terdiri dari 21 KPM di Dusun Tronyok dan 4 KPM di Dusun Pedes.

Menurut Hari, pihaknya telah memberi teguran lisan terhadap agen e-Warong Riya Pangestu. Selain itu, agen tersebut juga diminta untuk mengganti semua daging ayam yang busuk.

Daging ayam busuk diterima 25 KPM di Desa Sukorejo dari agen e-Warong Riya Pangestu pada Senin (9/8). Agen ini melayani penyaluran BPNT terhadap 230-250 KPM. Setiap KPM menerima beras 10 Kg, bawang putih 1 Kg, tahu 1 kotak, telur 20 butir, kentang 1 Kg, serta daging ayam 1 Kg.

(fat/fat)