Datang ke Malang, Luhut Minta Pemda Tak Tutupi Data Kematian COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 13:21 WIB
Menko Mervest, Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya memenuhi janjinya meninjau langsung penanganan COVID-19 di Malang Raya
Menko Luhut datang ke Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Mervest), Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya memenuhi janjinya meninjau langsung penanganan COVID-19 di Malang Raya. Malang Raya mendapat perhatian khusus dari pemerintah terkait penanganan COVID-19 selama PPKM level 4.

Luhut menyebut Malang belum optimal menangani COVID-19. Padahal, Kota Malang sebelumnya mendapat pujian dalam menangani COVID-19.

Sementara beberapa agenda dihadiri Luhut bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin selama di Malang Raya. Pertama mendatangi isolasi terpusat (Isoter) di Jalan Kawi, Kota Malang. Luhut mengajak masyarakat terpapar COVID-19, untuk memanfaatkan tempat isolasi terpusat. Daripada menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Galakkan program itu (isoter) dan pemda siapkan semua, karena dananya ada. Jadi kuncinya itu isoter," ujar Luhut kepada wartawan di safe house Jalan Kawi, Kota Malang, Jumat (13/8/2021).

Menurut Luhut, keberadaan isoter sudah dilengkapi persediaan obat serta tenaga medis. Sehingga masyarakat yang terpapar COVID-19, akan tertangani dengan baik.

"Begitu kalau kita testing dan tracing ketat, ikut saja ke isoter. Isoter ini kan ada dokternya, ada perawatnya, ada obatnya. Pengecekannya ada semua dan tidak menulari ke keluarga kita," tuturnya.

Luhut menambahkan, penanganan isoter akan lebih terjamin dan juga bisa mengurangi risiko kematian bagi pasien COVID-19.