Jika PPKM Diperpanjang, Bakal Ada PHK Massal Karyawan Hotel di Jatim

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 12:28 WIB
ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi hotel (Foto: Thinkstock)
Surabaya -

10 Hotel di Jatim tutup permanen selama penerapan lebih dari sebulan PPKM. Bila PPKM diteruskan, bakal ada PHK massal karyawan seiring lebih banyak hotel lagi yang akan tutup.

"Kalau yang tutup permanen sementara 10 hotel . Tapi jika ini terus berlanjut, yang akan tutup akan bertambah," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim Dwi Cahyono kepada detikcom, Senin (9/8/2021).

Karena itu, kata Dwi, kemungkinan pada bulan ini akan ada PHK massal jika PPKM terus berlanjut. Karena selama PPKM, okupansi hotel hanya 7,64%.

"Bukan tidak mungkin bulan ini akan ada PHK massal. Tepatnya selama PPKM darurat, okupansi hotel hanya 5-10% dengan rata-rata rata-rata 7,64%," kata Dwi.

Dwi menanbahkan karyawan yang dirumahkan, hampir mencapai 40%. Kini hotel di Jatim yang bertahan hanya membuka sebagian kamar dengan fasilitas yang ada.

"Maksudnya semua harus menjadwal masuknya karyawan sampai merumahkan hampir 40% karyawan. Hanya mengoperasikan sebagian kecil kamar dan fasilitas-fasilitas yang ada," tandas Dwi.

(iwd/iwd)