Warga di Surabaya Bikin Robot yang Bisa Bantu Pasien Isoman

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 09:43 WIB
Warga Kampung Pintar di Jalan Tembok Gede III, Kelurahan Bubutan, Surabaya membuat robot multifungsi. Robot tersebut diberi nama Robot Delta.
Robot Delta/Foto: Istimewa
Surabaya -

Warga Kampung Pintar di Jalan Tembok Gede III, Kelurahan Bubutan, Surabaya membuat robot multifungsi. Robot tersebut diberi nama Robot Delta.

Robot tersebut dibuat warga bersama tim dosen ITTelkom Surabaya dan tim dosen ITATS. Robot tersebut dibuat sebagai inovasi membantu Satgas COVID-19 Kampung.

Mulanya, Robot Delta dirakit untuk melayani pembeli di kedai kampung. Namun, karena pandemi yang tidak kunjung usai, robot tersebut dialihfungsikan sebagai pembantu Satgas COVID-19.

"Kita alih fungsikan membantu Satgas COVID-19 di lapangan untuk menangani pandemi ini," kata Ketua RT 03 RW 02, Aseyan kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, penamaan Robot Delta juga terinspirasi oleh pandemi COVID-19 yang semakin meningkat. Terlebih saat virus Corona varian Delta lebih cepat dalam penularannya. Dari varian Delta itu pun, pihaknya terinspirasi untuk menjadikan sebagai nama robot.

"Kita sempat bingung namain pakai apa, berhubung yang lagi ramai varian Delta, ya sudah kita pakai itu saja," ujarnya.

Aseyan mengatakan, Robot Delta sangat membantu pihaknya dalam menangani COVID-19. Salah satu fungsinya sebagai alat penyemprot definfektan di rumah milik warga sekitar.

Robot Delta juga mengeluarkan suara yang mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Sebab, meski sedang menjalani isolasi mandiri, warga juga harus ketat pada protokol kesehatan, terlebih saat isoman dengan keluarga.

"Kita kasih suara imbauan ke masyarakat, artinya protokol ini seperti apa, imbauan memakai masker, cuci tangan itu seperti apa. Jadi dia menyemprot sambil ngomong," ceritanya.

Aseyan juga mengatakan, apabila tidak ada jadwal menyemprot desinfektan, Robot Delta bisa difungsikan ke hal lain. Seperti mengantarkan makanan dan obat ke warga yang melakukan isoman. Hal ini juga menghindari kotak maupun bersentuhan dengan warga yang isoman.

"Dia (Robot Delta) juga bisa membantu warga isoman. Mengantarkan makanan, obat yang diperlukan warga yang lagi isoman di rumah," ujarnya.

Robot Delta dapat digerakkan menggunakan remote control dengan jarak 100 meter. Dengan demikian, alat tersebut bisa dikendalikan tanpa harus ada orang yang berada di sisinya.

"Digerakin pakai remote control, kita gerakin dari jauh saja, 100 meter, kita bisa kendalikan dari jauh. Yang nganterin robot ini kita tinggal telepon warga yang isoman," jelasnya.