184 Kampung Tangguh Semeru di Banyuwangi Digelontor Alkes dan 55 Ton Beras

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 18:57 WIB
polresta banyuwangi
184 kampung tangguh di Banyuwangi digelontor alkes dan beras (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Sebanyak 184 Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Banyuwangi digelontor bantuan alat kesehatan (alkes) dan 55 ton beras. Bantuan ini diberikan oleh Polresta Banyuwangi, sebagai bentuk penguatan ekonomi dan antisipasi penularan COVID-19 di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

Pendistribusian bantuan alkes dan perlengkapan kampung tangguh semeru diawali apel penyerahan yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasarib di Mapolresta Banyuwangi, Senin (2/8/2021).

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, bantuan yang diberikan terdiri dari 184 paket berupa disinfektan, alat semprot punggung, hand sanitizer. Selain itu ada kelengkapan kesehatan baju APD, masker, sarung tangan non steril, sepatu boat, faceshield, tisu kering, sabun cair, thermogun, dan tempat cuci tangan.

Tak hanya itu, Polresta Banyuwangi juga membagikan kelengkapan alat sosialisasi berupa banner/pamlet KTS, struktur Satgas Covid -19, modul dan buku penunjang KTS, stiker KTS dan bolpoin.

"Tak hanya alat untuk mengurangi penularan. Tapi juga alat untuk pencegahan dan kegiatan sosialisasi kita berikan," ujarnya kepada detikcom.

Tidak hanya itu, lanjut Nasrun, Polresta Banyuwangi juga membagikan bantuan pangan berupa 55 ton beras dari Menko Marivest dan Setmilpres. Puluhan ton beras sudah dibagikan ke warga terdampak ekonomi pandemi COVID-19 melalui 25 Polsek di jajaran Polresta Banyuwangi.

"Bantuan beras kami bagikan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi COVID-19," terangnya.

Kapolresta Banyuwangi mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan adanya Kampung Tangguh Semeru untuk menurunkan angka penularan COVID-19.

"KTS di bentuk untuk penurunan angka penyebaran, meningkatkan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian. Saya minta keberadaan 184 KTS yang berdiri terus dipantau agar senantiasa eksis. Dengan harapan alat kesehatan yang diberikan untuk memaksimalkan efektifitas penanganan pandemi," pesan Kapolresta Banyuwangi.

Nasrun bakal mengecek langsung kinerja Bhabinkamtibmas dengan cara sering turun tinjau langsung ke Polsek dan kampung tangguh. Ini dilakukan agar Bhabinkamtibmas tetap melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan 3 pilar KTS yang ada di wilayah binaannya untuk memaksimalkan alat yang sudah di distribusikan.

Pada kesempatan itu, Nasrun juga menyampaikan pesan kepada seluruh anggotanya, baik di Polresta Banyuwangi maupun yang bertugas di 25 Polsek. Salah satunya, dia meminta seluruh anggota selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Penyebaran COVID-19 di Banyuwangi semakin luas. Saya berharap anggota selalu menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan tugas. Jaga diri, jaga keluarga, jaga lingkungan dengan selalu terapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

(iwd/iwd)