Di Mojokerto Kini Ada Mobil Tracing dan Vaksinasi COVID-19

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 20:39 WIB
Polisi Kabupaten Mojokerto kini mempunyai Unit Mobile Tracing dan Vaksin COVID-19. Unit ini melayani vaksinasi keliling dan membantu melacak para kontak erat pasien Corona.
Launching Unit Mobile Tracing dan Vaksin/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto -

Polisi Kabupaten Mojokerto kini mempunyai Unit Mobile Tracing dan Vaksin COVID-19. Unit ini melayani vaksinasi keliling dan membantu melacak para kontak erat pasien Corona.

Unit Mobile Tracing dan Vaksin di-launching di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Mojosari siang tadi. Unit tersebut mulai aktif hari ini setelah diresmikan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Bupati Ikfina Fahmawati, Kajari Gaos Wicaksono dan Dandim 0815 Letkol Inf Beni Asman.

Unit ini difasilitasi dua mobil. Masing-masing mobil untuk tracing dan vaksinasi COVID-19 secara keliling (mobile). Saat menjalankan tugas, setiap mobil dikawal polisi dan TNI untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

AKBP Dony mengatakan, Unit Mobile Vaksin COVID-19 akan melakukan vaksinasi dengan strategi jemput bola ke titik-titik yang sudah ditentukan. Menurut dia, mobil vaksin dibekali 200 dosis vaksin Corona untuk disuntikkan ke masyarakat setiap harinya.

"Mobil tracing akan keliling bekerja sama dengan Puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kades untuk membantu nakes melacak kontak erat pasien COVID-19 di Kabupaten Mojokerto," terangnya.

Jika menemukan kontak erat yang positif COVID-19 tanpa gejala (OTG), lanjut Dony, unit tracing akan langsung membawa pasien ke fasilitas isolasi terpusat (isoter) di gedung diklat. Kontak erat dengan gejala ringan dan sedang akan diisolasi di isoter di masing-masing kecamatan. Sedangkan yang bergejala berat dirujuk ke rumah sakit.

"Sehingga semua rumah sakit bisa menampung masyarakat yang terinfeksi Corona dengan gejala berat. Harapan kami bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan membantu pemda menjadikan Kabupaten Mojokerto pulih ke level 2, bahkan menjadi zona hijau," jelas Dony.

Polres Mojokerto juga membentuk duta vaksinasi COVID-19 dan duta PPKM. Pesepak bola kelahiran Bumi Majapahit Hansamu Yama Pranata dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh didapuk menjadi salah satu duta vaksinasi Corona.

"Tugas duta vaksinasi COVID-19 memberikan pencerahan ke masyarakat bahwa vaksin aman, disiapkan pemerintah untuk membentuk herd immunity. Duta PPKM mengedukasi masyarakat agar selalu mematuhi prokes dan aturan PPKM level 4," kata Dony.

Dony juga menegaskan, pihaknya akan terus membantu pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 di Bumi Majapahit. Seperti hari ini, gerai vaksin Presisi kembali dibuka di Mapolres Mojokerto. Selain masyarakat umum, vaksin juga diberikan ke 40 anggota Paskibraka Kabupaten Mojokerto tahun 2021.

Hingga hari ini, Polres Mojokerto telah menyuntikkan 15.820 dosis pertama ke masyarakat. Sedangkan pemberian dosis kedua baru mencapai 1.460 jiwa.

"Kami akan terus percepat vaksinasi sesuai dosis yang diberikan Polda Jatim ke kami. Harapannya semua masyarakat mendapatkan vaksin sehingga terbentuk herd immunity di Kabupaten Mojokerto," pungkas Dony.

(sun/sun)