Viral Video Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Pacitan Tanpa Perawat

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 12:51 WIB
RSUD pacitan
Salah satu gambar di video yang memperlihatkan ruang perawatan kosong tanpa ada nakes (Foto: Tangkapan layar)
Pacitan -

Video ruang isolasi RSUD dr Darsono Pacitan sepi tanpa tenaga kesehatan viral. Di dalam video yang beredar tak tampak satu pun nakes di ruang perawatan.

Rekaman video tersebut terdiri dari dua bagian. Video pertama berdurasi 2 menit 2 detik. Sedangkan video kedua berdurasi 12 detik.

Video pertama dimulai dengan adegan pembuat rekaman membuka pintu. Selanjutnya digambarkan kondisi ruang yang disebut Soka C. Kamera pun berjalan menyusuri lorong. Dari jendela tak tampak perawat di tiap ruangan.

"Ini ruang perawat nggak ada satu pun orang," ucap seorang perempuan dalam video viral tersebut sembari mengarahkan kamera ke sebuah lokasi diduga ruang perawat seperti yang dilihat detikcom, Sabtu (24/7/2021).

"Sampai ke belakang tak cari semuanya nggak ada. Nggak ada perawat satu pun," katanya sembari bergeser ke lokasi lain.

Sosok yang tak kelihatan wajahnya itu pun mengaku jika ayahnya merupakan salah seorang pasien. Kondisinya pun kritis. Dia pun mengeluhkan infus pasien belum kunjung diganti.

"Oksigen suruh ganti sendiri... Terus mau komplain ke siapa?" tanya si pembuat video.

Sementara itu pada video kedua tampak seorang pasien pria telentang di bed. Selang oksigen terpasang di wajahnya. Sementara tiga orang keluarga pasien tampak mengganti tabung oksigen.

Direktur RSUD dr Darsono Pacitan, dr Iman Darmawan membenarkan bahwa video tersebut memang memperlihatkan ruang perawatan Soka C di RSUD dr Darsono.

"Kalau dilihat situasi kemarin itu di (ruangan) Soka C," kata Iman.

Lihat juga Video: Ditolak Sejumlah RS, Pasien Corona Datangi Kantor Gubernur Kaltim

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)