PPKM Darurat Diperpanjang dan Kota Malang Masuk Level 4, Ini Kata Walkot

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 18:51 WIB
PPKM Darurat diperpanjang sampai 25 Juli 2021. Kota Malang masuk daerah PPKM level 4.
Launching program trauma healing korban COVID-19/Foto: Istimewa
Malang -

PPKM Darurat diperpanjang sampai 25 Juli 2021. Kota Malang masuk daerah PPKM level 4.

Wali Kota Malang Sutiaji menilai, secara substansi tidak ada perbedaan antara PPKM Darurat dengan PPKM level 4.

"Jadi (peraturan) jam operasional juga sama, termasuk apa-apa yang harus Pemda lakukan. Jadi tidak ada perubahan, hanya perubahan nama di Inmendagrinya saja," ujar Sutiaji kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Sutiaji mengatakan, Kota Malang masuk wilayah level 4 karena data bed occupancy rate (BOR) masih mengkhawatirkan dan positif rate COVID-19 masih cukup tinggi.

"Sehingga testing-nya akan kami kuatkan, tadi Pak Dinkes mengatakan bahwa sebetulnya positif rate-nya Kota Malang itu di bawah angka 2 persen," imbuhnya.

Pemkot Malang bersama Forkopimda Kota Malang telah melakukan beberapa langkah, dalam merespons Kota Malang masuk level 4. "Tadi saya bersama Pak Kapolresta dan Pak Dandim, ada juga dari kalangan perguruan tinggi, launching program trauma healing korban COVID-19," ungkap Sutiaji.

"Program dinamai Sama Ramah itu melibatkan jajaran Polresta Malang Kota, Kodim 0833, Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Malang, serta Pemerintah Kota Malang," sambung Sutiaji.

Langkah selanjutnya adalah penguatan PPKM Mikro tingkat RT/RW. Dengan pemantauan mobilitas warga di wilayah tersebut.

"Keluar masuk warga (di tingkat RT/RW) akan terbatas. Misalnya jam 8 malam sudah tidak boleh keluar, yang datang dari luar juga tidak boleh masuk," jelasnya.

"Literasi dan edukasi masyarakat nanti melalui pihak RT dan RW. Kami berusaha semaksimal mungkin tidak diperpanjang (PPKM) lagi ketika kita semua taat pada itu," pungkas Sutiaji.

Simak juga video 'Testing dan Tracing Daerah PPKM Level 4 Merosot Dalam 3 Hari Terakhir':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)