Pelonggaran PPKM Darurat, Khofifah: Tunggu SK Gubernur

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 14:11 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah usai meninjau lokasi bantuan oksigen di Pangkoarmada II, Surabaya (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

PPKM darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut akan ada pelonggaran selama perpanjangan PPKM darurat.

"Peraturannya sedikit ada pelonggaran. PKL dan warung boleh (buka) sampai pukul 21.00 WIB," ujar Khofifah usai meninjau lokasi bantuan oksigen di Pangkoarmada II, Surabaya, Rabu (21/7/2021).

Khofifah meminta semua pihak bersabar. Saat ini, tengah disiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jatim terkait beberapa aturan yang dilonggarkan.

"Tunggu SK Gubernur. Insyaallah sore atau malam hari ini keluar SK Gubernurnya," imbuhnya.

Selain itu, Mantan Mensos RI ini menyebut ada 12 Kabupaten/Kota di Jatim yang masuk PPKM level 4. Lalu ada 26 Kabupaten/Kota di Jatim yang masuk PPKM level 3.

Khofifah menegaskan, aturan di daerah yang menerapkan PPKM level 3 dan level 4 sama.

"Podo (sama) kalau level 3 dan 4 sama (aturannya). Petanya sama seperti dulu. Ditunggu insyaallah hari ini keluar SK Gubernurnya," pungkasnya.

Daerah di Jatim yang masuk PPKM level 3 adalah Kabupaten Tuban, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Magetan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Blitar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kota Pasuruan.

Sementara daerah di Jatim yang masuk PPKM level 4 adalah Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu.

Dalam peninjauan di Koarmada II, Gubernur Khofifah bersama Pangkoarmada II Laksda Iwan Isnurwanto melihat persiapan lokasi bantuan oksigen yang akan diresmikan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, besok Kamis (22/7).

(iwd/iwd)