Ini Imbauan Bupati Untuk Warga Kediri Saat Idul Adha

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 19:16 WIB
bupati kediri mas dhito
Mas Dhtio akan berkurban 2 ekor sapi di RPH Pare (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengajak warga untuk berkurban tapi tidak menimbulkan kerumunan. Caranya, melalui rumah potong hewan (RPH).

Ajakan ini kemudian dicontohkan langsung Mas Dhito sapaan akrabnya yang berencana akan menyembelih hewan kurban sapi di rumah potong hewan. Selain itu, Mas Dhito juga mengimbau warga untuk melakukan salat Idul Adha di rumah bersama keluarga.

"Mari bersama mematuhi protokol kesehatan di masa PPKM Darurat COVID-19 ini, menyembelih hewan kurban sapi di rumah potong hewan dan salat Idul Adha bersama keluarga," ujar Mas Dhito kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri dr. Tutik Purwaningsih mengatakan bahwa Mas Dhito akan menyembelih 2 ekor sapi di RPH Pare.

"Insyaallah Mas Bup akan menyembelih di RPH Pare. Beliau mencontohkan kepada kita semua untuk menyembelih melalui RPH," ucap Tutik.

Masih kata dr Tutik, nantinya daging sapi kurban milik mas Dhito akan dibagikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri COVID-19.

"Sebagai contoh daging itu akan dibagikan di Desa Turus Gampengrejo, di mana ada 52 KK yang besok akan mendapat paket kurban dari Mas Bup," jelasnya.

Dr Tutik menyampaikan bahwa pihaknya dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan menyediakan sejumlah RPH yang digunakan untuk menyembelih hewan kurban.

"Kami besok rencana juga akan menggunakan RPH Wates sebagai tempat penyembelihan. Meski biasa menyembelih hewan tapi akan beda suasananya kalau yang kita sembelih hewan kurban" imbuhnya.

Menurut dr Tutik, RPH Pare memiliki sejumlah fasilitas dan peralatan yang cukup lengkap dan higienis. Sementara itu hingga sampai saat ini sudah ada 18 ekor sapi yang sudah terdaftar akan disembelih di RPH Pare.

(iwd/iwd)