Kabar PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Polda Jatim: Hoaks

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 18:40 WIB
ppkm darurat diperpanjang hoaks
PPKM darurat diperpanjang hoaks (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

Polda Jatim menegaskan kabar terkait perpanjangan PPKM Darurat akan diperpanjang hingga 2 Agustus adalah hoaks. Sebab, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah.

"Itu hoaks dan tidak benar. Karena belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah," tegas Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, Kamis (15/7/2021).

Menurut Kabid, perpanjangan yang dimaksud di sini adalah Operasi Aman Nusa II hingga 2 Agustus. Sedangkan PPKM Darurat akan berakhir pada 20 Juli dan belum ada pernyataan resmi terkait kelanjutannya.

"Jadi bukan PPKM yang berakhir tanggal 2 Agustus, tapi Operasi Aman Nusa II," jelas Gatot.

Sebelumnya, kabar PPKM darurat diperpanjang sampai tanggal 2 Agustus jadi perbincangan masyarakat di Jawa Timur. Polisi pun menepis informasi yang beredar di berbagai ranah media sosial hingga grup WhatsApp masyarakat ini.

Wacana soal perpanjangan PPKM darurat sudah terdengar mulai awal pekan lalu. Pihak-pihak terkait pun sudah melakukan rapat dengan agenda tersebut pada Rabu (14/7/2021), namun belum ada keputusan final yang dihasilkan.

Melalui unggahan di Instagram resmi @divisihumaspolri, Polisi menepis kabar yang beredar terkait perpanjangan PPKM darurat hingga 2 Agustus 2021. Dipastikan informasi yang beredar tidak benar atau hoaks.

Simak video 'Luhut Ungkap Penanganan Covid-19 RI Sudah Jalankan Skenario Terburuk':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)