Kabar PPKM Diperpanjang sampai Tanggal 2 Agustus Ditepis, Ini Kata Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 14:22 WIB
Kabar PPKM Diperpanjang Sampai Tanggal 2 Agustus Ditepis, Ini Kata Polisi
Kabar PPKM Diperpanjang sampai Tanggal 2 Agustus Ditepis, Ini Kata Polisi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kabar PPKM diperpanjang sampai tanggal 2 Agustus jadi perbincangan masyarakat di Jawa Timur. Polisi pun menepis informasi yang beredar di berbagai ranah media sosial hingga grup whatsapp masyarakat ini.

Wacana soal perpanjangan PPKM darurat sudah terdengar mulai awal pekan lalu. Pihak-pihak terkait pun sudah melakukan rapat dengan agenda tersebut pada Rabu (14/7/2021), namun belum ada keputusan final yang dihasilkan.


Polisi Tepis Kabar PPKM Diperpanjang sampai Tanggal 2 Agustus

Melalui unggahan di Instagram resmi @divisihumaspolri, Polisi menepis kabar yang beredar terkait perpanjangan PPKM darurat hingga 2 Agustus 2021. Dipastikan informasi yang beredar tidak benar atau hoax.

Diketahui beberapa hari terakhir, warga Jawa Timur dihebohkan oleh beredarnya surat dari Polda Jatim terkait perpanjangan PPKM darurat. Tertulis bahwa PPKM darurat bakal diperpanjang hingga Agustus 2021.

Sebenarnya, surat yang beredar bukan dimaksudkan terkait PPKM darurat. Surat Telegram Kapolda Jawa Timur dengan Nomor: STR/759/VII/OPS.2/2021 tertanggal 3 Juli 2021 itu terkait Operasi Aman Nusa II Semeru, di mana akan berlangsung selama 31 hari mulai 3 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko turut menjelaskan soal perbedaan durasi Operasi Aman Nusa II dan PPKM darurat. Menurutnya, jika memang nantinya PPKM darurat diperpanjang, belum tentu Operasi Aman Nusa II juga akan berlanjut.

"Pelaksanaan PPKM darurat dilaksanakan selama 2 minggu dimulai sejak 3 hingga 20 Juli 2021 dan Operasi Aman Nusa II Semeru dilaksanakan selama 1 bulan dimulai sejak 3 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021," katanya dalam unggahan yang dilihat detikcom, Kamis (15/7/2021).

PPKM Diperpanjang sampai 2 Agustus: Belum Ada Rencana

Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan belum ada rencana PPKM darurat diperpanjang. Untuk mengambil kebijakan selanjutnya, pemerintah masih perlu mengamati tren penurunan kasus COVID-19 di Indonesia.

"Belum ada rencana perpanjangan PPKM darurat. Namun kita akan cermati perkembangan penurunan laju penyebaran kasus," katanya kepada detikcom, Selasa (13/7/2021).

Kabar tersebut pun dipertegas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji. Dalam rapat terkait rencana perpanjangan PPKM darurat yang dilangsungkan pada Rabu (14/7) lalu, memang belum ada keputusan final.

"Belum ada keputusan diperpanjang. Tadi sudah rapat tapi belum diputuskan," kata Aji.

Pihaknya pun mengikuti arahan pusat jika PPKM darurat benar-benar diperpanjang. "DIY ikut keputusan pusat dan kalau ada yang perlu ya kita modifikasi dengan kondisi lokal," jelas Aji.

Simak video 'Jawaban Luhut Soal PPKM Darurat Diperpanjang Atau Tidak':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/dhn)