Seniman Jaranan Buto Banyuwangi Kampanye Protokol Kesehatan di Jalanan

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 15:01 WIB
Seniman Jaranan Buto Banyuwangi Kampanye Protokol Kesehatan di Jalanan
Seniman Banyuwangi kampanye prokes (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Seniman di Banyuwangi menggelar kampanye protokol kesehatan di sepanjang jalan. Mereka berdandan ala Jaranan Buto dan membawa pamflet ajakan taat protokol kesehatan kepada pengguna jalan.

Mereka berjalan dari Kodim 0825 Banyuwangi menuju RTH Taman Blambangan, Kamis (15/7/2021). Sambil membawa jaran kepang, mereka juga membawa tulisan 'ayo vaksin lur', 'Jangan lupa pakai masker' dan 'Ayo Pakai Masker Biar Kita Bisa Kerja Lagi'. Tak hanya itu, mereka juga turun di traffic ligth, menghampiri pengendara untuk mengajak taat prokes.

"Ayo lur, nganggo masker. Ojo sampek lali. Lumuh kene biso megawe maning (ayo pakai masker. Jangan sampai lupa. Biar kita bisa bekerja lagi)," seru Wahyu Gustono (22) salah satu seniman jaranan di Banyuwangi di sepanjang jalan.

Wahyu mengaku, kegiatan kampanye prokes ini diinisiasi oleh seniman Jaranan Buto Banyuwangi. Ini dilakukan untuk menggugah masyarakat untuk taat protokol kesehatan.

"Kami ingin masyarakat patuh. Agar pandemi ini segera berakhir," tambahnya.

Diakui Wahyu, dirinya sudah lebih dari setahun tidak pernah manggung. Hal ini dikarenakan larangan pemerintah agar tidak ada kerumunan. Dampaknya, menurutnya sangat besar bagi kehidupan seniman pementasan Barong dan Jaranan.

"Dampaknya sangat besar bagi seniman. Kita mengikuti anjuran pemerintah untuk berhenti sejenak, tapi ternyata kita sudah terlalu lama. Makanya kita turun untuk mengkampanyekan protokol kesehatan," tambahnya.

Wahyu mengaku kehilangan pekerjaannya sebagai penari di kesenian jaranan. Per hari, rata-rata dirinya mendapatkan yang Rp 100 ribu. Kini dirinya terpaksa bekerja sebagai kuli bangunan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Ya kerja serabutan. Dulu per hari bisa sampai Rp 100 ribu," pungkasnya.

Sementara Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengapresiasi kegiatan seniman Banyuwangi yang menggelar kampanye protokol kesehatan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan para seniman Jaranan Buto. Mereka rela turun ke jalan untuk memberikan pengertian masyarakat agar patuh protokol kesehatan," tambahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Dandim 0825 Banyuwangi ini, juga meminta kepada seniman agar bersabar dalam pandemi COVID-19.

"Semua masyarakat terdampak. Kita semua mendapatkan imbas. Makanya semuanya diharapkan agar patuh protokol kesehatan dan segera vaksin," pungkasnya.

(fat/fat)