Pasar Hewan di Probolinggo Jadi Fokus Operasi Yustisi Jelang Idul Adha

M Rofiq - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 21:17 WIB
operasi yustisi di pasar hewan
Operasi yustisi di pasar hewan Maron Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Satgas COVID-19 Probolinggo melakukan operasi yustisi di pasar hewan. Pasar hewan menjadi sasaran karena ada banyak aktivitas di sana menjelang Idul Adha.

Saat menggelar operasi yustisi di pasar hewan Maron, petugas menjaring 14 pelanggar prokes. Saat diswab, ditemukan 3 orang yang positif antigen. Mereka langsung diisolasi ke rumah sehat yang sudah disediakan.

Sementara 5 orang diberi sanksi bersih-bersih makam. Dan 6 lainnya diberi sanksi membaca surat pendek Al-Qur'an dan membaca Pancasila serta memberi pernyataan tidak akan melanggar prokes lagi.

"Fokus kami di beberapa pasar hewan yang ada di Probolinggo karena pasar hewan saat ini ramai pengunjung jelang Hari Raya Idul Adha. Kita temukan 14 pelanggar di pasar hewan Maron. 3 Positif, kita langsung isolasi, dan 5 pelanggar kita hukum bersihkan makam dan sita KTP," ujar Koordinator Satgas COVID- 19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto kepada wartawan, Minggu (11/7/2021).

"Kita akan terus melakukan pengetatan dan monitoring, selain di pusat-pusat keramaian, dan perbatasan jalan di Pantura, perbatasan Probolinggo - Situbondo, dan perbatasan jalur Pantura yang perbatasan Probolinggo-Lumajang," tambah Ugas.

Data terkini, kasus COVID-19 di Probolinggo terus mengalami peningkatan jumlah orang terpapar COVID- 19, untuk hari ini tambah 73 orang dan sembuh 10 orang, jadi total ada 261 kasus aktif di Probolinggo.

(iwd/iwd)