Spekulan Obat dan Suplemen COVID-19 di Surabaya Ditangkap

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 17:21 WIB
Spekulan penimbun obat dan suplemen COVID-19 di Surabaya diamankan. Ratusan barang bukti obat, suplemen dan alat-alat kesehatan turut disita polisi.
Jumpa pers Polda Jatim/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Spekulan obat dan suplemen COVID-19 di Surabaya diamankan. Ratusan barang bukti obat, suplemen dan alat-alat kesehatan turut disita polisi.

Tersangka yakni seorang perempuan berinisial ES (36), warga Margorejo Indah, Wonocolo. Ia ditangkap oleh Tim Satgas Gakkum Aman Nusa II Polda Jatim.

"Kami telah berhasil mengungkap terkait adanya dugaan penjualan obat-obatan oleh orang yang tidak berhak. Tim telah melakukan penyitaan sebanyak 43 jenis obat. Dan tersangka satu orang," terang Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Nico, selain menimbun, tersangka juga menjual tanpa punya kewenangan. Sebab selama ini tersangka menjual secara ilegal atau bukan di tempat penjualan obat resmi.

"Di mana obat ini dijual? Bukan dijual di tempat orang menjual seperti apotek. Tapi rumah biasa. Kemudian yang bersangkutan juga tidak punya kewenangan menjual obat itu," jelas Nico.

Atas perbuatannya ini, tersangka kini dikenakan Pasal 198 Undang-undang tentang Kesehatan. Adapun ancaman hukumannya maksimal 15 tahun pidana penjara.

Dalam kesempatan ini, Nico juga mengajak masyarakat khususnya para pelaku usaha tidak menimbun obat. Ia juga mengimbau agar masyarakat segera melaporkan jika ada praktik penimbunan obat di tengah pandemi COVID-19.

"Kami mengajak kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan seperti ini. Karena obat-obatan sekarang banyak dibutuhkan masyarakat," pungkas Nico.

(sun/bdh)