Partai Demokrat Pacitan Bantu Warga Positif COVID-19 yang Isoman

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 13:23 WIB
Banyaknya warga terpapar COVID-19 membangkitkan kepedulian sejumlah pihak. Seperti kader Partai Demokrat Pacitan yang mengadakan bakti sosial dengan sasaran warga yang isolasi mandiri (isoman).
Partai Demokrat Pacitan mengadakan bakti sosial/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Banyaknya warga terpapar COVID-19 membangkitkan kepedulian sejumlah pihak. Seperti kader Partai Demokrat Pacitan yang mengadakan bakti sosial dengan sasaran warga yang isolasi mandiri (isoman).

Pantauan detikcom, kegiatan berlangsung di halaman kantor DPC Partai Demokrat, Jalan S Parman. Sebelum prosesi, acara diawali Hening Cipta Indonesia, pukul 10.07 WIB. Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan, Indartato tampak memimpin doa bersama.

Berikutnya adalah simbolis penyerahan bantuan. Yakni dari Ketua DPC Indartato kepada Camat Pacitan Joko Putro Utomo. Pihak kecamatan selanjutnya meneruskan kepada penerima mengacu database yang ada.

"Kita harus mematuhi PPKM Darurat ini. Maka (bantuan) kita serahkan kepada pihak kecamatan. Sehingga prokes tetap bisa kita jaga dan bantuan sampai ke sasaran," kata Indartato terkait alasan penyaluran bantuan tidak dilakukan langsung kepada penerima, Sabtu (10/7/2021) siang.

"Iya. (sumber dana) dari iuran para kader secara sukarela," ujar Indartato berbincang dengan detikcom.

Menurut Indartato, penanganan bencana memang harus melibatkan semua pihak. Tak hanya pemerintah, melainkan juga dunia usaha dan masyarakat. Dalam hal ini, lanjut pria yang pernah menjabat bupati dua periode itu, partainya merupakan bagian tak terpisahkan dari elemen terakhir itu.

"Ini perlu kerja sama yang baik dan saling mengingatkan, saling membantu supaya COVID-19 ini betul-betul dapat kita atasi dan melandai," papar Pak In, sapaan Indartato.

Menghadapi pandemi seperti saat ini, semua pihak harus bahu membahu. Sumbangan dalam bentuk apapun tentu sangat bermanfaat bagi upaya bersama memutus mata rantai Corona. Termasuk di dalamnya kontribusi gagasan dan pemikiran.

"Tentu di dalam setiap kegiatan tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu perlu saling mengingatkan, saling kerja sama, dan saling mawas diri. Tujuan akhirnya adalah untuk masyarakat juga," imbuhnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Sekretaris DPC Partai Demokrat yang juga Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, serta sejumlah pengurus dan kader partai. Rencananya bantuan akan disalurkan dari kecamatan ke tingkat desa, Senin (12/7) mendatang.

"Ini sebenarnya kita meneruskan tradisi atau budaya yang sebelumnya sudah dilakukan Mas Ibas (Edhie Baskoro Yudhoyono). Dalam situasi krisis Partai Demokrat harus hadir," pungkas Bupati Aji terkait bantuan berupa beras dan paket sembako.

(sun/bdh)