Banyuwangi Zona Merah dan Gelar PPKM Darurat, Kawah Ijen Ditutup

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 22:14 WIB
Untuk mendukung penerapan PPKM Darurat, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup. Penutupan juga karena Banyuwangi jadi zona merah COVID-19.
Surat edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur/Foto: Istimewa
Banyuwangi -

Untuk mendukung penerapan PPKM Darurat, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup. Penutupan juga karena Banyuwangi jadi zona merah COVID-19.

Wisata Kawah Ijen ditutup mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021. Ini berdasarkan surat edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, TWA Ijen akan ditutup sementara.

Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Purwantono mengatakan, penutupan TWA Ijen ini dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19, yang mengalami lonjakan signifikan dalam sebulan terakhir.

"Ini bentuk dukungan kita atas diberlakukannya PPKM Darurat untuk memutus mata rantai COVID-19. Apalagi, saat ini Banyuwangi dan Bondowoso yang menjadi pintu masuk TWA Ijen berstatus zona merah," kata Purwantono saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/7/2021).

"Kegiatan kunjungan aktif dibuka kembali pada tanggal 21 Juli 2021, jika tidak ada perpanjangan penutupan," terangnya.

Purwantono menambahkan, penutupan TWA Kawah Ijen hanya diperuntukkan bagi kunjungan wisata. Sementara aktivitas penambangan belerang di dasar kawah masih diperbolehkan.

"Kunjungan wisata yang dilarang. Untuk penambang belerang masih diperbolehkan, karena itu mata pencaharian mereka," imbuhnya.

TWA Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyaknya kunjungan wisata yang dapat menimbulkan kerumunan masa, dikhawatirkan dapat menjadi klaster penyebaran baru COVID-19.

Berdasarkan data kasus COVID-19 di Jawa Timur, per hari ini ada 59 kasus baru dan tiga pasien meninggal di Banyuwangi. Total sudah ada 7.535 orang yang terpapar virus Corona di Banyuwangi selama pandemi. Kini ada 489 kasus aktif. Lalu 733 orang meninggal selama pandemi.

Sementara di Kabupaten Bondowoso, hari ini ada penambahan 32 kasus dan 8 orang meninggal dunia. Total selama pandemi COVID-19 sudah ada 2.959 kasus. Saat ini ada 229 kasus aktif. Total yang meninggal selama pandemi COVID-19 mencapai 219 pasien.

(sun/bdh)