Bondowoso Zona Merah COVID-19, Rumah Sakit Rujukan Ditambah

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 15:07 WIB
Bondowoso menjadi zona merah COVID-19. Pemerintah setempat akhirnya menambah rumah sakit rujukan pasien COVID-19.
RS Mitra Medika Bondowoso/Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom
Bondowoso -

Bondowoso menjadi zona merah COVID-19. Pemerintah setempat akhirnya menambah rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

Penambahan rumah sakit rujukan dilakukan karena dalam beberapa hari terakhir, kasus COVID-19 naik signifikan. Pasien positif COVID-19 membutuhkan penanganan secepatnya.

"Kami segera mengajukan tambahan rumah sakit rujukan. Yakni RS Mitra Medika," terang Jubir Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (30/6/2022).

Menurut Imron, saat ini Bondowoso sudah menyediakan dua rumah sakit rujukan untuk penanganan kasus COVID-19. Yaitu RSUD dr Koesnadi dan RS Bhayangkara milik Polri.

"Beberapa hari lalu kami juga sudah mendirikan tenda darurat beserta tempat tidur sarana pendukung lainnya, untuk transit sebelum mendapat penanganan medis lebih lanjut," papar Imron.

Namun, imbuh Kadis Kesehatan Bondowoso ini, tetap saja pihaknya sedikit kewalahan. Karena dalam beberapa hari terakhir kasus COVID-19 naik signifikan.

Dalam data yang diperoleh, Bondowoso jadi zona merah COVID-19 atau berisiko tinggi dalam penyebaran COVID-19. Dalam beberapa hari terakhir, di Bondowoso juga terjadi peningkatan kasus aktif maupun angka kematian. Per hari ini, Rabu (30/6/2021) pukul 13.00 WIB, sudah ada 11 kasus kematian akibat COVID-19.

(sun/bdh)