Fakta di Balik Video Seruan Prokes ke 'Makhluk Gaib' di Kota Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 17:11 WIB
Petugas Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan sosialisasi prokes pada malam hari saat pasar sepi, seolah sosialisasi ke makhluk gaib. Apa maksud dari pembuatan video itu?
Gambar video yang beredar/Foto: Tangkapan layar
Pasuruan -

Petugas Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan sosialisasi prokes pada malam hari saat pasar sepi, seolah sosialisasi ke makhluk gaib. Apa maksud dari pembuatan video itu?

"Spontan itu, Jumat (25/6) malam habis giat penyekatan dan imbauan pakai masker. Setelah itu balik ke kantor ada ide gila itu," kata Ilham, petugas retribusi Pasar Kebonagung yang melakukan aksi itu, Selasa (29/6/2021).

Ilham menuturkan aksi itu dilakukan spontan untuk mengusir lelah dan penat. Petugas lelah karena setiap hari sosialisasi prokes namun diabaikan pedagang dan pembeli.

"Secara pribadi ada semacam rasa lelah, rasa penat. Selama ini kasih imbauan, kasih perhatian agar mereka patuh protokol kesehatan, tapi angel," terangnya.

Selama ini, petugas dan pedagang pasar selalu kucing-kucingan soal prokes. Pedagang jarang yang patuh.

"Kalau ada petugas masker dipakai, kalau nggak ada petugas dibuat kalung," terangnya.

Aksi itu sengaja direkam sebagai bentuk sindiran pada warga. Khususnya pada pedagang dan pengunjung pasar.

"Itu memang sengaja direkam, sebagai sendirian, satire. Karena selama ini pedagang mengabaikan imbauan kami," kata Ilham

Petugas retribusi ini mengaku, rekaman itu sekitar 1,5 menit. Itu dilakukan di blok pedagang sayur dan ikan.

"Pedagang ini juga sering sambat ke kami, dagangan sepi dan macam," terangnya.

Video sosialisasi prokes ke 'makhluk gaib' itu selain tersebar di grup WhatsApp juga beredar di Instagram dan Facebook. Prokes di seluruh pasar tradisional di Kota Pasuruan kembali diperketat sejak Jumat (25/6). Langkah itu diambil setelah terjadi lonjakan kasus COVID-19.

(sun/bdh)