Warga Banyuwangi Tangkap Piton 2,5 Meter, Muntahkan Ayam Saat Dijerat

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 17:15 WIB
ular piton di banyuwangi
Ular piton yang ditangkap warga (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Warga Kelurahan Banjarsari Kecamatan Glagah Banyuwangi digegerkan munculnya ular piton jenis Retik sepanjang 2,5 meter. Ular tersebut ditemukan usai memangsa ayam di kandang milik warga. Beruntung, warga langsung menangkap ular, yang sempat meresahkan warga.

Keberadaan piton itu pertama kali diketahui Indamah, (45). Ular tersebut ditemukan melingkar di dalam kandang ayam. Awalnya dirinya mengira ular tersebut mainan anaknya.

"Saat saya mau ngasih makan ayam kok ada kayak ular. Saya kira mainan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/6/2021).

Setelah diamati, rupanya benda yang diduga ular sebelumnya itu bergerak-gerak. Sontak perempuan ini ketakutan. Diapun meminta menyampaikan kepada warga terkait keberadaan ular tersebut kepada tetangganya. Akhirnya salah seorang warga, Sunarto, (46) mencoba menangkap ular tersebut.

"Saya minta tetangga untuk menangkap ular itu," pungkasnya.

Sementara itu, saat penangkapan, Sunarto menyatakan, karena ular tersebut berada di dalam kandang yang agak sempit, Sunarto mengaku kesulitan untuk mengeluarkan ular tersebut dari kandang ayam. Akhirnya dia berinisiatif untuk menjerat tubuh piton tersebut dengan tali.

"Saat saya jerat, ular itu memuntahkan ayam yang baru saja ditelannya," jelasnya.

Setelah berhasil dikeluarkan dari kandang, upaya untuk menangkap ular ini relatif cukup mudah. Setelah berhasil ditangkap, ular tersebut kemudian dimasukan ke dalam karung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sunarto menyebut, warga sebenarnya merasa resah dengan keberadaan ular piton tersebut. Sebab selama ini sudah beberapa kali ayam warga hilang. Dengan tertangkapnya ular ini, warga meyakini ayam yang hilang selama ini dimangsa ular tersebut.

"Warga selama ini cukup resah. Warga senang ular ini sudah bisa ditangkap," ujarnya.

Ular tersebut kini diamankan di rumah salah satu warga. Warga sendiri mengaku tidak tahu akan diapakan atau dikemanakan ular tersebut. "Saya tidak tahu mau diapakan ular ini. Sementara saya simpan dulu," jelas Abdul Korib, warga yang kini mengamankan ular tersebut.

(iwd/iwd)