RSI Surabaya A Yani Overload Pasien COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 13:21 WIB
Kasus COVID-19 di Jatim terus naik. RS rujukan COVID-19 di Surabaya juga sudah ada yang hampir penuh dengan pasien COVID-19, seperti RSI Surabaya A Yani.
Dirut RSI Surabaya A Yani, dr Dodo Anando MPh/Foto file: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Kasus COVID-19 terus naik. RSI Surabaya A Yani saat ini sudah overload pasien COVID-19.

Bahkan ada 5 pasien COVID-19 yang tertahan di IGD, karena ruang isolasi penuh. "RSI Surabaya A Yani agak berat, sudah tutup ini sekarang isolasi ini. Ini di luar ada antrean 5 di IGD," kata Dirut RSI Surabaya A Yani, dr Dodo Anando MPh saat dihubungi detikcom, Jumat (25/6/2021).

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jatim ini juga mengatakan, tak hanya RSI Surabaya A Yani saja yang full pasien COVID-19. Tapi juga RSI Surabaya Jemursari.

Baca juga: RSI Surabaya A Yani Punya 62 Bed untuk Pasien COVID-19, 61 Terisi

"100 persen kalau RSI Surabaya A Yani. Di RSI Surabaya Jemursari juga 100 persen," ujarnya.

Menurutnya, dua RSI tersebut tengah mengusahakan untuk menambah bed pasien COVID-19. Di RSI Surabaya A Yani akan ditambah 10 persen.

"Tapi nanti diusahakan di RSI Surabaya Jemursari akan ditambah lagi. Di RSI Surabaya A Yani juga akan nambah kira-kira 6 atau 8, 10 persen dari sekarang. Sekarang kan 85 bed nanti akan jadi 92. Nambah isolasi biasa dulu agar nampung semuanya," jelasnya.

Baca juga: Nyaris Penuh, Beberapa RS Rujukan COVID-19 Surabaya Tambah Bed dan Nakes

Selain itu, ia juga menyampaikan pasien COVID-19 anak di Jatim sudah mencapai 10 persen. Dodo mengimbau orang tua untuk lebih menjaga buah hatinya.

"Kasus anak juga tinggi sekitar 10 persen. Jadi tolong anak-anak ini betul-betul dijaga, yang punya anak dan punya cucu. Sepuluh persen anak ini di seluruh Jatim rata-rata seperti itu," pungkasnya.

(sun/bdh)