Semua Warga Sembuh, Desa di Lamongan Ini Tak Jadi Klaster Hajatan Lagi

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 14:31 WIB
klaster hajatan di lamongan
Desa klaster hajatan di Lamongan kini tak dilockdown lagi (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Desa Sidodowo di Lamongan menjadi klaster hajatan dan dilockdown. Kini warga yang positif di desa itu sudah sembuh semua.

Warga yang sembuh membuat desa di Kecamatan Modo itu dibuka kembali. Desa Sidodowo sudah tak di-lockdown lagi.

"Sudah (dibuka), karena isolasi terhadap sekitar 200 orang juga sudah selesai dan mereka sudah dinyatakan sembuh semua," kata Ketua Satgas COVID-19 Lamongan Yuhronur Efendi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/6/2021).

Dikatakan oleh Pak Yes, isolasi atau lockdown yang sebelumnya diberlakukan di desa klaster hajatan ini sudah mulai dibuka karena sekitar 200 warga desa yang sebelumnya menjalani isolasi sudah dinyatakan sembuh. Untuk selanjutnya, kata Pak Yes, Satgas akan tetap memantau perkembangan yang ada di Desa Sidodowo sambil melakukan evaluasi apakah PPKM Mikro akan diterapkan di tingkat dusun atau di tingkatan paling bawah, yaitu di tingkat RT.

"Perkembangan kasus di Desa Sidodowo ini akan tetap dipantau apakah PPKM Mikro di desa ini akan diperpanjang dengan penerapan di tingkat dusun atau tingkat RT," terang Pak Yes seraya meminta warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terkait dengan Bed Occupancy Rate (BOR) di Lamongan, Pak Yes mengungkapkan jika saat ini BOR di Lamongan sebesar 60 persen. Untuk antisipasi, lanjut Pak Yes, Satgas COVID-19 telah menyiapkan ruang isolasi baru yaitu di barak Yon Zipur Babat dan di gedung Korpri Lamongan.

"BOR kita upayakan untuk melakukan penambahan TT (tempat tidur) dan yang jelas hari ini ada tambahan TT di RSUD dr soegiri. Begitu juga di beberapa puskesmas juga kita berlakukan zonasi dan dibuat sebagai RS Lapangan dengan menyiapkan tambahan tempat tidur yang digunakan untuk pasien COVID-19," jelasnya.

(iwd/iwd)