Seorang Warga Kabupaten Pasuruan Positif COVID-19 Varian Delta

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 17:40 WIB
Seorang warga Kabupaten Pasuruan positif COVID-19 varian Delta. Sebelumnya, pasien perempuan itu terjaring dalam penyekatan di Jembatan Suramadu.
Forkopimda Kabupaten Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Seorang warga Kabupaten Pasuruan positif COVID-19 varian Delta. Sebelumnya, pasien perempuan itu terjaring dalam penyekatan di Jembatan Suramadu.

Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) menjelaskan, pasien merupakan warga Kecamatan Nguling. Dalam penyekatan beberapa waktu lalu di Suramadu, setelah dinyatakan positif swab antigen, petugas kemudian melakukan swab PCR terhadap yang bersangkutan. Hasil tes swab PCR menunjukkan ia terpapar varian delta.

Baca juga: Dua Pasien Varian Delta Asal Sampang-Bangkalan yang Dirawat di RSLI Sembuh

"Kami menerima informasi satu warga di Kecamatan Nguling terpapar COVID-19 varian Delta, setelah terjaring dalam penyekatan Satgas Provinsi di Jembatan Suramadu," kata Gus Irsyad di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Selasa (22/6/2021).

Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan ini menjelaskan, saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik atau tanpa gejala. Perempuan tersebut dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

"Saat ini di Rumah Sakit Lapangan di Surabaya," terang Gus Irsyad.

Baca juga: Tambah 11 Kasus, Jawa Timur Kini Rawat 19 Pasien Varian Delta

Sebagai antisipasi, pihaknya langsung menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda, untuk mengambil langkah cepat dan tepat dalam pencegahan penyebaran varian Delta. Selain itu, petugas kesehatan juga diinstruksikan untuk melakukan tracing dan testing kontak erat.

"Saya langsung instruksikan petugas kesehatan melakukan tracing dan testing kontak erat hari ini," pungkasnya.

(sun/bdh)