Bed untuk Pasien COVID-19 di RSLI Surabaya Tersisa 41

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 17:15 WIB
Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya kini merawat empat dari delapan pasien COVID-19 varian Delta. Keempatnya positif COVID-19 saat swab dalam penyekatan Suramadu.
Jumpa pers RSLI Surabaya/Foto: Istimewa
Surabaya -

Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya terus naik. Saat ini RSLI merawat 369 pasien COVID-19 dari kapasitasnya 410 bed.

"Jumlah pasien yang dirawat per hari ini hingga pukul 09.30 WIB, sejumlah 369 orang," kata Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 RSLI, Radian Jadid di Surabaya, Sabtu (19/6/2021).

Jadid merinci, dari 369 pasien yang dirawat ada 48 pasien PMI atau TKI. Lalu 240 pasien dari Madura yang positif saat swab di penyekatan Suramadu, 12 pasien dari Klaster Pondok dan 69 pasien mandiri atau umum.

Jadid mengatakan saat ini pihak RSLI tengah mengupayakan penambahan bed dan tenaga kesehatan. Sebab saat ini tinggal tersisa 41 bed.

"Sudah diupayakan penambahan nakes yaitu 6 dokter dan 12 perawat dari TNI untuk langkah awal, serta tetap berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi untuk kebutuhan nakes tersebut. Kebutuhan bed segera diupayakan dengan dukungan logistik dari BPBD Jatim," paparnya.

Jadid menambahkan, pihaknya selalu siap dan siaga untuk melayani masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19. Sesuai SOP yang ada, mereka yang diterima di RSLI adalah yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19 melalui tes swab PCR.

"Terhadap kasus Bangkalan dan penyekatan Suramadu atau dari Madura serta penangan PMI, maka semua akan dimonitoring dengan ketat, serta penanganan lebih serius dari para dokter dan nakes RSLI serta didampingi penanganan nonmedis oleh relawan pendamping PPKPC-RSLI," pungkas Jadid.

(sun/bdh)