Warga Surabaya Berusia di Atas 18 Tahun Sudah Bisa Daftar Vaksinasi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 21:48 WIB
Atas kesepakatan bersama, arah Bangkalan jadi prioritas dalam penyekatan di Suramadu sisi Surabaya. Test COVID-19 akan terus dilakukan.
Wali Kota Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Warga Surabaya yang berusia di atas 18 tahun sudah bisa daftar vaksinasi COVID-19. Sejak Senin (14/6), pendaftaran dibuka di https://bit.ly/pendaftaranvaksin18tahun.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membenarkan hal itu. Nantinya, daftar tersebut akan diberikan ke Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan jatah vaksin COVID-19.

Ia menyampaikan, Presiden Jokowi juga telah memberi arahan untuk mempercepat vaksinasi COVID-19. "Kami sampaikan, kami akan mendaftar dulu. Jadi kita bilang ada stok sekian untuk disuntikkan besok, besok akan habis, kami memastikan agar warga mendapatkan vaksin dosis 1 dan dosis 2," kata Eri kepada wartawan di penyekatan Suramadu sisi Surabaya, Rabu (16/6/2021).

Eri memberi contoh, vaksinasi dosis satu diberikan kepada 1.000 orang. Maka, pihaknya harus bisa memastikan ada jatah 1.000 vial vaksin untuk suntikan dosis dua.

"Makanya kita ngirim surat, jatah yang suntik pertama itu satu bulan lagi, satu bulan lagi apakah saya mendapat kepastian mendapat 1.000. Kalau iya, akan saya habiskan. Kalau tidak, ya ga berani nyuntik. Kalau luput suntikan nanti bingung mau disuntik apa," jelasnya.

Vaksinasi COVID-19 bisa dilaksanakan ketika data sudah mulai masuk. Kemudian Pemkot Surabaya langsung meminta jatah vaksin sesuai data yang dibutuhkan.

"Insyaallah katanya tersedia cepat. Jadi pendaftaran nanti dimasukkan ke kementerian untuk minta vaksin, kalau ada langsung kita sikat. Doanya saja supaya vaksinnya juga banyak di Surabaya," urainya.

"Ga tahu (pakai vaksin merek Sinovac atau AstraZeneca), karena pemerintah pusat yang tahu," pungkasnya.

(sun/bdh)