Cegah Penularan, Desa Klaster Hajatan di Banyuwangi Disemprot Disinfektan

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 20:29 WIB
klaster hajatan di banyuwangi
Penyemprotan disinfektan dilakukan di desa klaster hajatan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi telah menjadi Klaster hajatan COVID-19. Satgas COVID-19 Banyuwangi melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa rumah warga sebagai antisipasi penularan.

Penyemprotan dilakukan oleh Satgas COVID-19 Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi. Petugas Kecamatan bersama dengan polisi dan TNI melakukan penyemprotan. Tak hanya di rumah warga, mereka juga melakukan pembersihan COVID-19 di tempat ibadah.

"Jadi langsung kita lakukan sterilisasi di rumah warga dan tempat ibadah dengan disinfektan. Semua turun di lapangan," ujar Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi kepada detikcom, Senin (14/6/2021).

klaster hajatan di banyuwangiPenyemprotan disinfektan dilakukan di desa klaster hajatan (Foto: Ardian Fanani)

Penyemprotan dilakukan, kata pria yang juga menjabat Dandim 0825 Banyuwangi ini, untuk mengantisipasi penularan COVID-19 pada klaster hajatan ini. Pengetatan di wilayah Dusun itu pun dilakukan.

"Sementara memang kita batasi orang masuk ke wilayah itu," pungkasnya.

Ditambahkan Kapolsek Tegaldlimo AKP Bambang Suprapto, selain kegiatan sterilisasi, pihaknya menggandeng petugas Kecamatan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Mereka keliling memberikan imbauan untuk patuh dengan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, seluruh orang yang sudah di-tracing diberi vitamin agar imunitas tubuhnya tetap terjaga.

"Kami akan melakukan pengawasan secara ketat terkait pelaksanaan hajatan di wilayah Kecamatan Tegaldlimo," pungkasnya.

Satgas COVID-19 Banyuwangi mengkonfirmasi sebanyak 25 orang di Dusun Ringinsari, Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, terkonfirmasi positif COVID-19. Mencegah ledakan kasus yang lebih tinggi dari klaster ini, Satgas memberlakukan pembatasan kegiatan atau lockdown lokal, selama beberapa hari ke depan.

Simak video 'Vaksin Novavax Diklaim 90% Ampuh Lawan Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)